Habiskan Miliaran Rupiah, Pembangunan Drainase Tanpa Arah? - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Habiskan Miliaran Rupiah, Pembangunan Drainase Tanpa Arah?

Published

on

Kegiatan pembangunan saluran draenase di Jalan Mesjid Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai. (Foto: realitarakyat.com/Ignatius S)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Karena tidak jelas kemiringan dasarnya, bangunan drainase di sepanjang Jalan Mesjid dan Jalan Veteran, Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, dinilai ‘tanpa arah’. Pasalnya, semua beton U-Ditch yang digunakan membentuk saluran drainase memiliki ketinggian yang sama.

Demikian juga dengan saluran yang digali untuk mendudukkan beton U-Ditch tersebut, memiliki kedalaman yang sama. “Tanpa memiliki kemiringan lantai dasar, saluran drainase yang dibangun dengan menghabiskan anggaran miliaran rupiah ini akan menjadi sia-sia,” kata seorang warga bernama Darlinton Sinurat.

Seharusnya, ujar dia, kemiringan lantai dasar dari saluran drainase ini sudah terlihat saat salurannya digali. Atau, sebelum beton U-Ditch dimasukkan. Dengan demikian, saat bangunan drainase sudah selesai, akan berfungsi sebagaimana mestinya.

“Yakni mengalirkan, menguras, membuang atau mengalihkan air ke sungai. Akan tetapi, apabila lantai dasarnya tidak dilengkapi dengan kemiringan menuju pembuangan akhir atau sungai, maka saluran drainase tersebut hanya akan menjadi kolam penampungan air,” sesalnya.

Drainase itu juga dinilai, hasilnya tidak membebaskan masyarakat dari kebanjiran pada saat turun hujan, maupun saat air sungai sedang mengalami pasang naik. Dikataka, karena tidak dilengkapi dengan kemiringan lantai dasarnya, maka pembangunan saluran drainase tersebut hanya akan menjadi pemborosan anggaran.

Sementara, imbuhnya, masih banyak kepentingan masyarakat yang perlu dibangun dan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Untuk itu, sebelum bangunan saluran drainase ini menjadi sia-sia, dirinya berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungbalai segera menghentikan pembangunannya dan melakukan evaluasi.

Seperti diketahui, dalam dua bulan terakhir ini, Dinas PUPR sedang melakukan kegiatan perbaikan saluran drainase di kiri-kanan jalan dari Jalan Mesjid dan Jalan Veteran. Anehnya, walaupun saluran sudah digali dengan menggunakan alat berat, akan tetapi air tetap tergenang di dalam saluran. Hal itu akibat tidak jelasnya kemiringan dari lantai dasarnya.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Satpol PP Tasikmalaya Razia, Belasan Pasangan Mesum dan Remaja Pesta Miras di Hotel

Published

on

Continue Reading

Daerah

Dinkes Kota Bogor Klaim Tak Ada Kasus Baru Positif COVID-19 pada Jumat

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Kadis TPHP : Hasil Integrasi Sapi-Sawit Kurang Diminati Warga Kalteng

Published

on

Continue Reading
Loading...