Connect with us

Headline

Banyak Penangkapan, Pelaku Tak Bekerja Sendirian

Published

on

Analis intelijen Ridlwan Habib. (Foto: Ist/Net)

Realitarakyat.com – Terjadinya sejumlah penangkapan terduga teroris pasca teror bom bunuh diri di Medan, menunjukkan bahwa pelaku bukanlah lone wolf yang beraksi sendirian.

“Kalau melihat karakteristiknya, itu bukanlah lone wolf dan pasti dibantu oleh jaringannya. Saat ini, jaringan sudah terungkap dan aksi tidak dilakukan secara mandiri oleh pelaku,” kata analis intelijen Ridlwan Habib, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, orang-orang yang membantu pelaku berasal dari satu kelompok dan beroperasi di daerah Sumatera Utara. Dikatakan, Densus 88 Anti Teror Mabes Polri masih mengejar otak dibalik serangan tersebut.

“Dalang utama yang memotivasi kelompok tersebut untuk melakukan serangan di Sumut masih dikejar. Yang saya dengar, mastermind nya adalah mantan nara pidana terorisme atau napiter,” ujarnya.

Walaupun sudah menjadi mantan napi, lanjutnya, namun justru menimbulkan problem yang sangat pelik. Sebab, pemerintah kewalahan melakukan pengawasan terhadap napiter setelah keluar dari penjara.

“Selain itu, biasanya masyarakat enggan atau tidak mau berurusan dengan mantan napiter. Akibatnya, mereka secara leluasa bisa kembali ke jaringannya atau bahkan merekrut orang baru dan kembali beraksi,” tandasnya.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kata Kang Emil, Jabar Bakal Alami Krisis Pangan di 2021

Published

on

Continue Reading

Headline

Kata Mahfud, Benny Wenda Buat Negara Ilusi

Published

on

Benny Wenda/Net
Continue Reading

Headline

Perlu Gerakan Bersama untuk Wujudkan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual

Published

on

Continue Reading
Loading...