Connect with us

Ragam

Dana Haji Langsung Diinvestasikan di Arab Saudi

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) akan menginvestasikan dana haji di Arab Saudi secara langsung mulai tahun 2020. Hal itu untuk meningkatkan nilai manfaat dana haji yang dikelola.

“Mulai tahun depan, fokus kami adalah investasi langsung. Khususnya investasi yang ada di Arab Saudi,” kata Kepala BPKH Anggito Abimanyu, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, investasi langsung dana haji ini akan difokuskan pada bidang perhotelan, transportasi dan katering di Mekkah serta Madinah. Untuk merealisasikan hal tersebut, BPKH telah menjajaki kemungkinan kerja sama investasi dengan Islamic Development Bank (IsDB) dan ICSA sebagai holding company di Arab Saudi.

“Sekarang ada perubahan sistem pengadaan barang dan jasa di arab saudi dengan sistem online dan pendirian holding company,” tuturnya. Anggito juga mengungkapkan, BPKH menargetkan nilai manfaat investasi dana haji sebesar Rp 8 triliun pada 2020 mendatang.

Termasuk diantaranya untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji. Berdasarkan data BPKH, dana keuangan haji yang dikelola pada 2020 mencapai Rp 132,3 triliun. Dia menuturkan, pada tahun 2018, nilai manfaat pengelolaan dana haji hanya mencapai Rp 5,7 triliun.

Rendahnya nilai manfaat ini, disebabkan dana haji yang dikelola hanya disimpan dalam bank syariah. Dengan demikian, imbal hasilnya relatif rendah. Namun pada 2019, nilai manfaat pengelolaan dana haji mencapai target Rp 7,2 triliun. Hal ini terjadi, karena pengelolaan dana haji dilakukan melalui investasi.

“Mulai 2019 ke depan, alokasi untuk investasi itu mulai lebih banyak proporsinya. Tahun 2019 kami mencapai target Rp7,2 triliun. Memang proporsi nilai manfaat itu sebagian besar digunakan untuk operasional haji yang berangkat,” katanya.

Semakin lama nilai manfaaat itu, lanjutnya, maka akan semakin diseimbangkan proporsinya untuk jemaah yang berangkat dan yang menunggu.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Sekilas Soal Bambang Trihatmodjo Yang Dicekal Ke LN Karena Tidak mau Lunasi Utang Ke Negara

Published

on

Continue Reading

Headline

Syekh Ali Jaber Berniat Akan Berikan Hadiah Bendera Merah Putih Kepada Penusuknya

Published

on

Continue Reading

Ragam

Peneliti Indef Berly Martawardaya Sebut Indonesia 99% Jatuh ke Jurang Resesi

Published

on

Continue Reading
Loading...