Connect with us

Ragam

MUI Akan Berikan Sertifikat Pada Dai

Published

on

Ilustrasi (Net)

Realitarakyat.com – Pemberian sertifikat bagi para da’i telah dirancang sejak lama oleh Majelis Ulama Indonesia. Namun pelaksanaannya sempat tertuda, karena MUI masih berusaha melengkapi modul dan pedoman dakwahnya.

“Baru Senin (18/11/2019) kemarin kami laksanakan untuk angkatan pertama Standarisasi D’ai. Namun kegiatan ini bukan sertifikasi da’i, yang konotasinya hanya yang bersertifikat boleh ceramah dan yang tidak bersertifikat tidak boleh ceramah,” kata Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat KH Muhammad Cholil Nafis, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan, pendekatan kualitatifnya adalah orang yang mendapat sertifikat, berada di bawah tanggung jawab MUI. Sehingga, apapun yang disampaikan berkenaan dengan dakwahnya, menjadi tanggung jawab MUI yang mengeluarkan sertifikat.

“Angkatan pertama diikuti oleh 70 orang peserta yang kami undang. Mereka adalah orang-orang yang sudah berkiprah di masyarakat. Namun, kami ingin memastikan bahwa mereka masih di bawah koordinasi MUI,” ujarnya.

Pemberian sertifikat itu dimaksudkan agar para da’i berstandar dan memiliki kualifikasi dan tingkatan. Bahkan, kata dia, peserta angkatan pertama ada yang bergelar profesor dan doktor.

“Banyak yang hadir untuk ikut menyamakan pemikiran persepsi dakwah. Sekaligus juga koordinasi yang efektif tentang cara-cara dafkah. Pada akhir pertemuan, peserta akan mengikuti ujian. Bagi yang lulus ujian, akan dipulikasikan di laman MUI agar masyarakat dapat dengan mudah mencari da’i yang standar, direkomendasikan oleh MUI dan tidak bermasalah,” tandasnya.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Sekilas Soal Bambang Trihatmodjo Yang Dicekal Ke LN Karena Tidak mau Lunasi Utang Ke Negara

Published

on

Continue Reading

Headline

Syekh Ali Jaber Berniat Akan Berikan Hadiah Bendera Merah Putih Kepada Penusuknya

Published

on

Continue Reading

Ragam

Peneliti Indef Berly Martawardaya Sebut Indonesia 99% Jatuh ke Jurang Resesi

Published

on

Continue Reading
Loading...