DPR – Pemerintah Sepakati Pembahasan Kembali RUU Pertanahan - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

DPR – Pemerintah Sepakati Pembahasan Kembali RUU Pertanahan

Published

on

Ilustrasi. (Foto: Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi II DPR bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, menyepakati untuk kembali membahas Rancangan Undang-undang (RUU) Pertanahan pada Januari 2020 mendatang.

“Nanti dimulai dengan pembentukan panja. Jadi nanti di awal masa sidang berikutnya, masuk tanggal 10 Januari, kita udah membentuk panja-panja termasuk panja RUU yang mau kita selesaikan dalam tahun pertama ini,” ujar Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, RUU Pertanahan termasuk RUU yang di-carry over DPR periode yang lalu, sehingga masuk ke dalam Prolegnas prioritas 2020. Selain RUU Pertanahan, Komisi II juga akan memprioritaskan pembahasan RUU tentang Sistem Bangunan Politik.

“Dan salah satunya ada RUU Pertanahan di luar itu adalah revisi UU tentang bangunan sistem politik. Termasuk kepemiluan, baik pileg, pilpres dan pilkada. Nah jadi nanti rencananya abis di akhir masa sidang ini kita akan rapat internal lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengungkapkan, pembahasan RUU Pertanahan tidak akan dimulai dari nol. Hal  itu karena termasuk daftar RUU warisan DPR periode sebelumnya.

Selain itu, mayoritas substansi dalam RUU Pertanahan juga sudah disepakati, dan tidak ada poin yang sangat kontroversial dalam RUU Pertanahan. Namun, dia menjamin tetap menampung masukan dari lembaga swadaya masyarakat yang keberatan.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Saat Rapat Terbatas Jokowi Singgung Soal Lonjakan Kasus Corona di Jakarta

Published

on

Continue Reading

Nasional

Petani Milenial Siap Jadi Mitra Kementan

Published

on

Continue Reading

Nasional

Ini Jawaban Erick Thohir Soal Ratusan Komisaris Perusahaan BUMN yang Rangkap Jabatan

Published

on

Continue Reading
Loading...