Connect with us

Hukum

Banyak Alasan Bagi MK Kabulkan Uji Formil UU KPK

Published

on

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Dikabulkan atau tidaknya pengajuan uji materi terhadap UU Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi, sangat tergantung pada pembuktian di Mahkamah Konstitusi. Sehingga, bila terdapat cukup bukti, maka pengajuan tersebut tentu dapat dikabulkan.

“Banyak alasan bagi MK untuk mengabulkan uji formil UU KPK yang baru. Karena, ada cacat yuridis dalam pembuatannya,” kata pakar hukum Andi Muhammad Nasrun, Kamis (21/11/2019).

Sebagai contoh, UU KPK tidak memenuhi persyaratan formil dan prosedural sebagaimana diatur dalam Pasal 44 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Karena, naskah akademik UU KPK tidak pernah dipublikasikan.

“Selain itu, UU tersebut tidak disosialisasikan untuk mengetahui pendapat publik dan terkesan tertutup. Sehingga, mengesankan proses UU tersebut seperti mengejar target seperti sistem kebut semalam,” ujarnya.

Sampai-sampai, KPK sebagai end user dari UU tersebut pun tidak dilibatkan. Meski sifatnya tidak mutlak, tidak adanya pelibatan KPK menurutnya sangat mengherankan. Sebab, sebagai pengguna dari UU tersebut, pandangan KPK perlu didengar pendapatnya.

“Namun, DPR mengabaikan KPK karena merasa tidak ada kewajiban untuk mendengar pendapat KPK. Dari segi formal, memang tidak ada kewajiban DPR mendengar pendapat KPK. Namun dari segi pembentukan perundang-undangan, pihak yang berkepentingan harus didengar. Saya melihat, pandangan DPR tentang tidak dilibatkannya KPK keliru,” tandasnya.

Selain itu, tampak sekali adanya kepentingan untuk mempercepat selesainya UU tersebut. “Karena itu, sudah sepantasnya bila uji materi UU KPK mendapat prioritas,” tegasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Gerindra Hormati Proses Hukum KPK pada Edhy Prabowo

Published

on

Ahmad Muzani (ist/net)
Continue Reading

Hukum

KPK Eksekusi Miftahul Ulum ke Lapas Sukamiskin

Published

on

Ali Fikri (ist/net)
Continue Reading

Hukum

Kata Polisi, Millen Cyrus Akan Direhab

Published

on

Continue Reading
Loading...