Pendaftaran CPNS Dibatasi agar Tak Ganggu Jadwal - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Pendaftaran CPNS Dibatasi agar Tak Ganggu Jadwal

Published

on

Ilustrasi (Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Batas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah 15 hari kalender sejak diumumkan. Pembatasan tersebut dimaksudkan agar tidak mempengaruhi tahapan yang sudah dipersiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Sesuai aturan, batas minimal pengumuman adalah 15 hari kalender. Karena dibuka pada 11 November, sehingga seharusnya berakhir pada 25 November. Masih ada kesempatan satu hari bagi yang belum mendaftar,” kata Plt. Humas BKN Paryono, Minggu (24/11/2019).

Menurutnya, dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 memang tidak disebutkan sampai berapa lama batas maksimal pendaftaran. Namun, BKN sudah menetapkan jadwal tahapan-tahapan selanjutnya, sehingga waktu maksimal harus dibatasi.

Maka, instansi yang menutup pendaftaran lebih dari 15 hari, maka maksimal 20 hari harus sudah menutup pendaftarannya. Hal itu agar tidak menganggu skedul yang disusun oleh BKN.

“Ada beberapa instansi yang sejak awal mengeset masa pendaftaran lebih dari 15 hari. Maka di surat kami menyatakan, instansi yang sudah menentukan batas waktu pendaftaran antara 15 hari hingga 20 hari kalender, dapat menjalankan proses pendaftaran hingga waktu tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, verifikasi berkas pelamar yang masuk sudah bisa dimulai dilakukan sejak dokumen diunggah. Karena jika menunggu masa pendaftaran ditutup, bisa menghabiskan waktu terutama jika jumlah pelamar membludak.

Padahal, hasil seleksi administrasi sudah harus diumumkan dan ada waktu sanggah. Dimana sanggahan dilakukan maksimal tiga hari setelah hasil verifikasi dilakukan. Sementara, jawaban atas sanggahan adalah enam hari.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

BKN : Lembaga Nonstruktural Tak Punya ASN

Published

on

Continue Reading

Nasional

Dubes Indonesia Kembali Pulangkan Ratusan WNI dari China

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden Jokowi Ungkap Dana Pemda Rp170 Triliun Nganggur di Bank Ini Daftar Nama nama Pemdanya

Published

on

Continue Reading
Loading...