Waspada! Satu dari Dua Penyandang Diabetes Tak Sadari Kondisinya - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Waspada! Satu dari Dua Penyandang Diabetes Tak Sadari Kondisinya

Published

on

Ilustrasi (Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia menduduki peringkat ke-tujuh dunia penyandang diabetes terbanyak di dunia. Selain itu, Indonesia berada di peringkat ke-3 toleransi glukosa terganggu terbanyak di dunia. Hal itu berdasarkan data International Diabetes Federation Atlas edisi ke-9 tahun ini.

“Bedasarkan data terbaru, sekitar 46,3 juta orang Indonesia merupakan penyandang diabetes. Namun, satu dari dua penyandang diabetes tidak menyadari kondisinya,” kata Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD-KEMD, FACE, dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Selasa (26/11/2019).

Hal itu dikatakannya dalam rangka Bulan Kesadaran Diabetes Dunia. Selain itu, hampir 67 persen dari penyandang diabetes berada di usia produktif atau di bawah 60 tahun. Karenanya, keluarga berperan penting dalam mendeteksi dan mencegah diabetes tipe 2 serta menangani anggota keluarga yang mengidap diabetes.

“Dalam deteksi tersebut, peranan keluarga adalah mengetahui gejala dan ciri diabetes untuk mempercepat penanganan maupun pencegahan komplikasi. Terutama pada diabetes tipe 1. Sebab jika tidak dideteksi dini, maka dapat menyebabkan disabilitas dan menimbulkan kematian,” ujarnya.

Dikatakan, Perkeni bersama Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Persatuan Diabetes Indonesia wilayah Jabodetabek, melakukan kampanye tanda pagar #lindungikeluargadaridiabetes.

Tanda pagar tersebut juga sejalan dengan tema besar kampanye Hari Diabetes Dunia tahun ini, yang diusung oleh International Diabetes Federation. Yakni dengan fokus utama deteksi diabetes, cegah diabetes tipe 2 dan penanganan diabetes anggota keluarga.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

WHO Akui Ada Bukti Covid-19 Menular lewat Udara

Published

on

Continue Reading

Headline

Ternyata Ini Penyebabnya Serapan Anggaran Kesehatan Lelet yang Bikin Jokowi Marah

Published

on

Continue Reading

Headline

Kemenkes Tetapkan Tarif Maksimal Rapid Test Corona Rp150 Ribu

Published

on

Continue Reading
Loading...