Connect with us

Peristiwa

Polisi Pulangkan 80 WNA Penipu Via Telepon ke China

Published

on

80 WNA China yang jadi tersangka penipuan via telepon / Ist / Dok realitarakyat

Realitarakyat.com – Polda Metro Jaya akhirnya memulangkan 80 WN Cina yang melakukan penipuan via telepon. Lima pelaku lainnya tidak terlibat terhadap sindikat jaringan para penipu online itu.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, para WNA akan ditangani oleh Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri untuk kemudian diserahkan ke pihak Imigrasi.

“Sesuai koordinasi kami dengan Divhubinter dan juga imigrasi, direncanakan 80 WNA ini akan kita serahkan ke imigrasi untuk proses lebih lanjut” kata Iwan di Polda Metro Jaya Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

80 WNA China yang menjadi tersangka penipuan via telepon dipulangkan ke China / ist / dok realitarakyat

Sementara enam orang warga negara Indonesia yang sebelumnya ditahan bersamaan dengan pelaku lainnya dinyatakan tidak terlibat dalam aksi kejahatan secara langsung.

Namun, tidak menutup kemungkinan mereka akan dijadikan saksi oleh Divhubinter Polri, Imigrasi, dan polisi China.

“Nanti tergantung dari kepolisian Cina untuk BAP. Ya kami ambil keterangan saksi, atau bisa kami kirimkan, atau seperti apalah. Sesuai dengan prosedur yang berlaku,” pungkasnya.

Diketahui, Polda Metro Jaya telah menggerebek sebuah rumah di kawasan Kemanggisan, Jakarta Barat pada Senin (25/11) sore. Rumah tersebut dijadikan sebagai tempat menipu melalui sambungan telepon atau kasus cyber fraud.

Para pelaku yang diamankan merupakan warga Cina diamankan. Modus para pelaku memberi tahu korbannya ada anggota keluarga yang tengah bermasalah secara hukum di Indonesia. Selain itu, para pelaku juga menawarkan jasa yang disebut-sebut bisa mengurusi persoalan korban termasuk biaya pajak korban.[prs]

Penulis: Firdausi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peristiwa

Polisi Gandeng Diskes DKI untuk Swab Test Keluarga Rizieq

Published

on

Continue Reading

Peristiwa

Polisi Klaim Sambangi Rumah Rizieq karena Dengar Kabar Sakit

Published

on

Continue Reading

Metropolitan

Jurnalis Metro TV Tewas Kecelakaan di Cakung

Published

on

ilustrasi
Continue Reading
Loading...