Pengawasan Keamanan dan Keselamatan Laut Miliki Sejumlah Tantangan - Realita Rakyat
Connect with us

Ragam

Pengawasan Keamanan dan Keselamatan Laut Miliki Sejumlah Tantangan

Published

on

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. (Foto: Humas Bakamla)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pengawasan terhadap keamanan dan keselamatan laut memiliki sejumlah tantangan. Antara lain posisi dan konstelasi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan dan kewajiban Indonesia terhadap hukum laut Internasional yang harus mengamankan.

“Kemudian, posisi Indonesia yang terletak di persilangan antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta ada sikap asertif di utara dan juga ada kepentingan negara besar di sana,” kata Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

Hal itu disampaikannya saat menjadi keynote speaker dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Keamanan dan Keselamatan Laut Tahun 2019 di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta. Menurutnya, ada sejumlah poin yang menjadi fokus dalam dalam pencapaian tugas keamanan dan keselamatan laut.

Yaitu amannya choke point di seluruh perairan Indonesia, terjaminnya keamanan ALKI, terjaganya kedaulatan NKRI dan tegaknya hukum di seluruh perairan Indonesia. Selain itu, pelaku bisnis di laut merasa aman dan nyaman dalam rangka kesejahteraan bangsa dan tercapainya visi poros maritim dunia.

Untuk menjawab ancaman dan tantangan dalam penegakan hukum di laut , Bakamla RI mendukung tugas pengamanan perairan Indonesia dengan pola operasi yang mengedepankan kesatuan usaha atau Unity of Effort. Dimana azas tersebut sangat tepat untuk bersinergi dengan seluruh kekuatan maritim, dalam mengatasi dan menangani persoalan gangguan keamanan dan penegakan hukum.

Dia menambahkan, masalah keamanan dan keselamatan laut tidak dapat ditangani oleh satu instansi saja. Sebab, perlu sinergi antar instansi maritim di Indonesia dan ketulusan para pemimpin dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta.

“Sinergi, kerja sama, dan mekanisme operasi yang terintegrasi dan terpadu antar instansi maritim di Indonesia diperlukan, agar laut dapat kita awasi dan kendalikan dengan baik,” tandasnya.[sas]

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BMKG :Hari Ini Jakarta Cerah, Depok Diguyur Hujan

Published

on

Continue Reading

Ragam

Video Tik Tok 3 Wanita Joget India di Jembatan Suramadu, Diburu Polisi hingga Dituntut Minta Maaf

Published

on

Continue Reading

Ragam

Disinggung Isu Liar Reshuffle, Isteri Mensos Tidak Mau Ambil Pusing

Published

on

Continue Reading
Loading...