Bangsa Indonesia Suka Mencoba-coba - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Bangsa Indonesia Suka Mencoba-coba

Published

on

pengamat politik LIPI Siti Zuhro. (Foto: Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bangsa Indonesia terkesan suka mencoba-coba, namun dengan lompatan yang tidak tanggung-tanggung dan terlalu banyak dan cepat. Sehingga, tidak memikirkan resiko atau dampak yang kemungkinannya sangat signifikan.

“Kita semua tentu masih ingat ketika konstitusi pertama kali diamandemen. Yang terjadi adalah ketatanegaraan juga berubah. Mulai MPR yang dimandulkan, DPR yang sangat digdaya yang lahir karena ‘kecelakaan,’” kata pengamat politik LIPI Siti Zuhro, Minggu (30/11/2019).

Padahal, para pendiri bangsa sangat amat brilian saat mengkonsep negara dengan sangat akurat. Dia lalu mencontohkan, mengapa saat itu Indonesia membutuhkan DPR yang dipilih. Temasuk, mengapa ada utusan daerah dan wakil golongan yang tidak perlu dipilih.

“Para pendiri bangsa sangat membumi, memahami betul archipelago Indonesia dengan semua kekhasan dan karakteristiknya sehingga ada utusan daerah. Namun dengan berbagai amandemen konstitusi, maka yang terjadi adalah dilaksanakan desentralisasi dan otonomi daerah tanpa blue print yang jelas,” ujarnya.

Kemudian, keluarlah UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahahan Daerah, yang justru membuat konflik luar biasa antar daerah. Sebab, masing-masing daerah mengkapling sumber-sumber ekonomi dan alam yang berhimpitan dengan daerah lain.

Karena menimbulkan konflik, maka direvisi menjadi UU Nomor 32 Tahun 2004. Saat itu, konflik mulai mereda. Namun, UU diubah menjadi UU Nomor 23 Tahun 2014. Dari situ terlihat bahwa lompatan yang dilakukan terlalu berani dan nekad.

“Karena mengubah kepala daerah yang dipilih dan bertanggungjawab kepada DPRD dengan parpol yang baru lahir, membuat pertanggungjawaban kepala daerah menjadi ‘lahan’ baru,” tandasnya.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Soal RUU PKS, Usman Hamid: DPR Dinilai Gagal Pahami Prioritas Legislasi Nasional

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Politik

Pertahankan RUU HIP di Prolegnas, DPR Dinilai Kehilangan Orientasi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Politik

PPP Pecat Ketua DPRD Kutai Encek Unguria sebagai kader Karena Sudah jadi Tersangka Oleh KPK

Published

on

Continue Reading
Loading...