Connect with us

Nasional

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektonik Tak Hilangkan PNS

Published

on

Ketua Umum Korps Pegawai Negeri Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Sistem pemerintahan berbasis elektronik, tidak akan menghilangkan pegawai negeri sipil (PNS) yang ada. Namun, mengoptimalkannya untuk mempercepat kinerja akibat adanya kendala jarak dan waktu.

“Misalkan sedang bertugas ke luar daerah. Jika tidak melalui teknologi, maka aka memakan waktu dan biaya hanya untuk sekedar membubuhkan tanda tangan,” kata Ketua Umum Korps Pegawai Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu (30/11/2019).

Meskid demikian, dari hasil pemetaan yang dilakukannya diketahui bahwa ada persoalan yang bisa direspon dengan teknologi dan ada juga yang belum. Antara lain karena ketidaksiapan masyarakatnya.

“Misalnya, tidak mungkin mendorong masyarakat di pedalaman Papua dengan pendekatan digital. Karena yang paling cocok adalah dengan pendekatan manual. Hal itu disebabkan karena di sana listrik belum masuk dan jarigan internet belum banyak,” ujarnya

Namun, daerah tertentu sudah sangat perlu dengan teknologi. Hal itu juga didukung oleh kemampuan sejumlah lembaga/instansi negara yang sudah mampu menciptakan teknologi sendiri.

“Antara lain yang ada di BPPT, Telkom, BSSN, LIPI dan Kominfo. Bahkan, aplikasi yang digunakan di Ditjen Dukcapil, banyak yang dibuat sendiri oleh lembaga/instansi dalam negeri,” tandasnya.[sas]

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Pengamat Sebut Sandiaga dan Fadli Zon Berpeluang Isi Posisi Menteri KKP

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kata Luhut, Permen Soal Ekspor Benih Lobster Tak Salah

Published

on

Continue Reading

Nasional

KKP Akui Telah Dapatkan Surat Pengunduran Edhy Prabowo

Published

on

Continue Reading
Loading...