Connect with us

Nasional

Tak Semua Fungsi PNS Dapat Digantikan oleh Teknologi

Published

on

Ketua Umum Korps Pegawai Negeri Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Fungsi yang memerlukan pengambilan keputusan, menuntut kepemimpinan, kolaborasi dan koordinasi dan empati, tidak bisa digantikan oleh teknologi artificial intelligence. Apalagi, robot atau teknologi dan kecerdasan buatan tidak bisa dimintai pertanggungjawaban.

“Misal, perawat rumah sakit. Akan tetapi, menggoreng, merebus, packing makanan dapat diganti dengan teknologi. Karena, manusia dapat menggunakan teknologi untuk memudahkan pengambilan keputusan, bukan teknologi untuk memutuskan,” kata Ketua Umum Korps Pegawai Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu (30/11/2019).

Dikatakan, ada bagian yang tidak bisa digantikan oleh mesin atau robot. Yaitu sistem pertanggungjawaban hukumnya. Karena, subyek hukum yang bisa diminta pertanggungjawaban hanya manusia dan badan hukum.

“Pemanfaatan teknologi memang tidak mengharuskan PNS harus bekerja di kantor. Namun juga bukan berarti PNS bekerja di rumah. Karena nanti sistem kinerja akan diubah. Dengan teknologi, akan ketahuan apa saja yang dilakukan oleh PNS,” ujarnya.

Misal, mengetik surat dan kemudian diunggah, akan tercatat sebagai satu pekerjaan. Kemudian, menjawab surat dari daerah juga akan tercatat oleh sistem sebagai satu pekerjaan.

“Traffic pekerjaan akan terlihat kinerja yang dilakukan oleh PNS dalam sehari, seminggu atau sebulan. Apa saja yang sudah dieksekusi oleh PNS dan ada aplikasi untuk mencatat kinerja tersebut,” paparnya.

Dia menambahkan, pejabat eselon III dan IV yang menjadi kepala satuan kerja dan pemegang posisi-posisi pengambil keputusan seperti camat dan lurah serta kepala-kepala kantor, tidak bisa dipangkas. Sedangkan yang bisa dikurangi adalah eselon III dan IV di badan penelitian dan pengembangan, yang cukup eselon I dan II.

“Dan pekerjaan yang sifatnya administratif. Namun di pemda kabupaten/kota, pejabatnya adalah eselon II, III dan IV. Jika dipotong, maka tinggal kepala dinasnya sendirian dan hal itu tidak mungkin,” tandasnya.[sas]

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Pengamat Sebut Sandiaga dan Fadli Zon Berpeluang Isi Posisi Menteri KKP

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kata Luhut, Permen Soal Ekspor Benih Lobster Tak Salah

Published

on

Continue Reading

Nasional

KKP Akui Telah Dapatkan Surat Pengunduran Edhy Prabowo

Published

on

Continue Reading
Loading...