Connect with us

Hukum

Jokowi Masih Godok Figur Pengisi Dewas KPK

Published

on

Presiden Jokowi / Net

Realitarakyat.com – Presiden Joko Widodo masih terus menyaring sejumlah figur untuk menduduki jabatan sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ya nanti dilihat figur-figurnya, kan masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Sekretariat Negara, jadi belum ada proses finalisasi,” kata Presiden Joko Widodo dalam acara diskusi dengan wartawan istana kepresidenan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/12/2019).

Jokowi mengaku mendapatkan banyak masukan mengenai Dewas KPK. Tokoh yang akan menempati organ baru KPK itu disebut Jokowi harus memiliki rekam jejak yang baik.

“Masukan-masukan sangat banyak, yang jelas kita ingin memilih yang tentu saja memiliki ‘track record’ yang baik, integritas yang baik,” kata mantan Gubernur DKI ini.

“Mereka juga memiliki pengalaman di bidang hukum, pidana, juga mungkin yang berkaitan dengan audit pemeriksaan untuk sebuah pengelolaan keuangan yang penting. Ini masih proses berjalan. Kita masih…tanggal 20-an kan?” tukas Presiden.

Pasal 69A ayat (l) UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK menyatakan “Ketua dan anggota Dewan Pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden
Republik Indonesia”. Dewas KPK akan berisi 5 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan 4 orang anggota.

Jokowi sempat menyampaikan bila Dewas KPK akan dilantik bersama-sama dengan 5 pimpinan KPK baru, yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango, pada sekitar 20 Desember 2019.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Belajar dari Perkara Wawan, KPK Hati-hati Terapkan TPPU pada Nurhadi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Hasil 11 Pengungkapan, BNN Musnahkan Ratusan Kg Sabu dan Ekstasi

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Hukum

Alami Infeksi Paru-paru, Tersangka Kasus Pembunuhan Ibu-Anak di Pontianak Meninggal

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...