Pertumbuhan Ekonomi Solo Lebih Baik Dari Nasional - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Pertumbuhan Ekonomi Solo Lebih Baik Dari Nasional

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Pusat Statistik Solo mengungkapkan bahwa laju pertumbuhan ekonomi di Kota Solo dalam kurun waktu 2015 hingga 2018 lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Rata-rata 5,56 persen dari 2015 sampai 2018. Sektor penyumbang terbesar dari informasi dan komunikasi, transportasi dan pergudangan, serta jasa keuangan dan asuransi,” ujar Fungsional Statistisi Ahli Pertama BPS Solo, Chomariah Fitriani, Kamis (5/12/2019).

Menurutnya, laju pertumbuhan ini secara rata-rata ini lebih baik dibandingkan Jawa Tengah yang hanya 5,31 persen, maupun nasional sebesar 5,04 persen. Lebih lanjut Chorimah menjelaskan, indikator lain pertumbuhan ekonomi di Kota Solo adalah berdasarkan produk domestik regional bruto atau PDRB.

Berdasarkan hasil sensus BPS, penyokong utama PDRB Solo adalah konstruksi yang mencapai 27,14 persen dan menyumbang Rp12,06 triliun untuk PDRB. Setelah itu, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 22,15 persen atau senilai Rp9,84 triliun.

“Sektor informasi komunikasi berkontribusi 11,67 persen atau sebesar Rp5,18 triliun. Stabilnya pertumbuhan ekonomi ini juga didukung tingkat inflasi Kota Solo dari tahun ke tahun yang makin terkendali,” kata Chorimah.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Bupati-Wali Kota se-Bali Sepakat Tatanan Era Baru Dimulai Besok 9 Juli 2020

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pasien Covid-19 di Semarang Raya Melonjak, Ganjar: Saya Usul RS Arisan Ruang ICU

Published

on

Continue Reading

Daerah

Warga Lempari Bom Molotov ,Tambang Pasir Makassar New Port Disetop

Published

on

Continue Reading
Loading...