Pengelola Bandara Adisutjipto Bakal Proses Hukum Penumpang Air Asia yang Ngaku Bawa Bom - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Pengelola Bandara Adisutjipto Bakal Proses Hukum Penumpang Air Asia yang Ngaku Bawa Bom

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto akan memprose hukum penumpang Air Asia QZ-8441 rute Yogyakarta-Denpasar, berinisial TH, yang mengaku membawa bom.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, meski mengaku candaan, namun perbuatan yang dilakukan oleh TH itu sangat meresahkan.

“Jadi gini, kalau masalah ini tetap nanti kami akan proses, karena ini kan fatal ya bagi penerbangan. Jadi kalau Air Asia memang tidak melanjutkan, tapi nanti kami (pihak Bandara Adisutjipto) akan proses, akan kami laporkan,” kata Pandu kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

“Karena memang hal yang seperti ini (bercanda membawa bom ketika di bandara) harus ada tindak lanjutnya, tidak bisa karena hanya dia bercanda kemudian minta maaf terus selesai, tidak bisa. Nanti dilaporkan ke PPNS (penyidik pegawai negeri sipil),” sambungnya.

Pandu menjelaskan, larangan bercanda membawa barang berbahaya termasuk bom di bandara telah diatur dalam Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Adapun ancamannya ialah penjara maksimal 1 tahun.

“Di situ sudah dijelaskan termasuk yang candaan itu tidak dibenarkan. Ya karena selain juga akan membuat seluruh penumpang itu merasa tidak nyaman, bahkan ada yang panik ya, dan juga pastinya akan mengganggu keselamatan penumpang,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas Bandara Adisutjipto mengamankan penumpang Air Asia QZ-8441 rute Yogyakarta-Denpasar berinisial TH yang mengaku membawa bom, pukul 08.15 WIB tadi. Akibat hal itu penerbangan pesawat Air Asia sempat tertunda.[sas]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

JPU Tuntut Putra Siregar Didakwa Langgar UU Kepabeanan

Published

on

Continue Reading

Headline

KPK Kembali Periksa Dugaan Suap, Anggota DPRD Muara Enim

Published

on

Continue Reading

Headline

Bareskrim Akan Telusuri 4 Nama Disebut Bonyamin Terkait Kasus Djoko Tjandra

Published

on

Continue Reading
Loading...