Ari Askhara, Penyelundupan dan Dugaan Perselingkuhan - Realita Rakyat
Connect with us

Fokus

Ari Askhara, Penyelundupan dan Dugaan Perselingkuhan

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memutuskan mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk. I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, pria yang karib disapa Ari Askhara itu kini tengah menjadi perhatian publik.

Itu tak lain lantaran dirinya kedapatan menyelundupkan komponen motor Harley Davidson dan dua sepeda baru Brompton, di pesawat baru Airbus 330-900neo, dalam penerbangan dari Tolouse Prancis ke Jakarta.

Ini bukan kali pertama Ari diterpa masalah setelah menempati pucuk pimpinan maskapai penerbangan plat merah itu. Pada medio Juli 2019, Ari pernah dipanggil Komosi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dia menjalani pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran berupa rangkap jabatan.

Sebab, selain menjabat sebagai Dirut Garuda Indonesia, Ari juga menjabat sebagai Komisaris Utama Sriwijaya Air dan Citilink. Usai diperiksa, Ari mengaku bahwa dirinya merangkap jabatan. Namun menurutnya, itu sudah sesuai prosedur yang berlaku.

Ari mengatakan, rangkap jabatan yang dilakukannya ditujukan untuk menyelamatkan aset negara. Langkahnya bahkan telah disetujui oleh Kementerian BUMN (saat itu menteri BUMN adalah Rini Soemarno).

Jika menurut Ari itu sesuai aturan, namun tidak bagi KPPU. Komisioner KPPU Dinnie Melanie mengatakan rangkap jabatan merupakan salah satu pelanggaran dalam undang-undang persaingan usaha. Dinnie mengatakan, pada pasal 26 dalam UU no 5 tahun 1999 mengenai persaingan usaha, rangkap jabatan tidak diperbolehkan.

Merespons penyataan Ari dan KPPU, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan rangkap jabatan dalam hal penugasan dari pemerintah diperbolehkan.

Namun, lantaran pesan Ibu Menteri Rini, maka Kementerian BUMN memutuskan untuk menghormati putusan KPPU soal larangan rangkap jabatan. Posisi Ari pun di komisaris utama Sriwijaya diganti.

Ari bukan ‘orang baru’. Ari memang pernah diminta langsung untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Kepada media, Ari mengungkapkan bagaimana pertama kali dia diberikan penugasan dari pemegang saham.

“Ini dilandasi karena pengalaman saya pribadi di Garuda Indonesia, bukan baru, tapi Direktur Keuangan dan Resiko Manajemen 2014-2016. Saat itu turn around dari lost US$378 juta, kami board of director membuat profit di US$78 juta in one year. Jadi berdasarkan itu pemegang saham meminta kami untuk bentuk tim dan menyelamatkan Garuda Indonesia,” kata Ari kala itu.

Soal pengalaman, Ari jangan diragukan. Pengagum Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelindo III, Direktur Keuangan PT Pelindo III, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Garuda Indonesia (persero) Tbk dan Direktur Human Capital dan Pengembangan Sistem PT Wijaya Karya (Persero).

Punya Gundik

Setelah kasus penyelundupan itu menjadi perhatian publik, kini beredar isu kalau pecinta Grub Band Linkin Park itu memiliki seorang gundik (istri tidak resmi; selir; perempuan piaraan “bini gelap”).

Informsi itu diungkap pemilik akun Twitter anonim @digeeembok. yang juga diunggah ulang oleh akun Instagram tante.officially. Keduanya menyertakan sederet bukti perselingkuhan.

Menurut akun @digeeembok, dalam setiap kicauannya yang diakhiri dengan hastag atau tanda pagar #DirutGarudaKancut, Ari Askhara disebut miliki sederet perbuatan nakal, yang mengagetkan dan dibongkar karyawannya sendiri. Ari Askhara diduga kuat berselingkuh dengan pegawainya sendiri yang berinisial PNR yang merupakan seorang pramugari.

Dalam postingan Twitter @digeeembok, yang memiliki Followers 86.2K, disebut jika Ari rela memanjakan sang selingkuhan menggunakan uang perusahaan. Tak tanggung-tanggung sang dirut bahkan nekat menggunakan uang tersebut untuk kepentingan operasi plastik sang selingkuhan.

Fakta-fakta tersebut terungkap karena sang selingkuhan memang gemar memposting operasi plastik yang dilakukannya di media sosial pribadinya. Dalam postingan akun Instagram tante.officially, terungkap pula jika sang selingkuhan memang bertindak layaknya ‘selir’ yang harus selalu dituruti keinginannya.

Bahkan beberapa hari sebelum kasus penyelundupan Harley Davidson terkuak, sang selingkuhan masih pamer perawatan tanam benang yang dilakukannya di London.

Sampai saat ini, Ari Askhara sendiri belum mau buka suara, baik soal tuduhan yang ditujukan kepadanya terkait penyelundupan, maupun kabar miliki seorang gundik. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fokus

Pemerintah Siapkan Skenario Jika Penyelenggaraan Ibadah Haji 2020 Batal

Published

on

ilust/net
Continue Reading

Fokus

Merasa Di Pojokkan Erick Tohir, SBY Curhat di Medsos

Published

on

Continue Reading

Fokus

Dua Kapal Coast Guard dan Logistik China dalam Kondisi Siaga

Published

on

Kapal Coast Guard China di Perairan Natuna. (Foto: Ist)
Continue Reading
Loading...