BPIP Gandeng Lemhannas Kaji Pancasila Secara Kekinian - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

BPIP Gandeng Lemhannas Kaji Pancasila Secara Kekinian

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Guna mengkaji aspek-aspek Pancasila sesuai dengan konteks kekinian sebagai upaya membumikan Pancasila, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPIP dan Lemhannas untuk mendukung pelaksanaan dan pembumian Pancasila di Indonesia, di Jakarta, Senin (9/12/2019), Pelaksana Tugas (Plt) BPIP, Prof. Hariyono mengatakan Lemhannas memiliki tugas dan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan BPIP, yakni bagaimana menjaga pertahanan nasional, salah satunya Pancasila.

Dikatakannya, Lemhannas sebagai lembaga yang sarat dengan kegiatan-kegiatan pengkajian akan digandeng untuk melalukan kajian bersama terhadap Pancasila. “Sebagai lembaga yang penuh dengan kajian, Lemhannas juga mengkaji aspek-aspek Pancasila sesuai konteks kekinian, perkembangan zaman agar tidak terjadi distorsi,” katanya.

Dengan kajian yang dilakukan BPIP dan Lemhannas, kata dia, Pancasila, mulai kelahirannya hingga konsep Pancasila sebagai dasar negara diberikan narasi yang cukup. “Dengan narasi yang cukup, tidak ada lagi pandangan bahwa Pancasila bertentangan dengan agama atau Pancasila ingin menggantikan agama.”

Dia mencontohkan selama ini di publik masih ada beragam persepsi tentang kelahiran Pancasila sehingga penting bagi BPIP menggandeng Lemhannas untuk melakukan sosialisasi.

Selain itu, Hariyono mengakui BPIP masih belum memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup sehingga perlu menggandeng lembaga negara lain, yakni Lemhannas.

“Jadi, ada kesempatan bagaimana sosialisasi Pancasila dilakukan bersama-sama. BPIP dan Lemhannas saling bersinergi, saling memberikan dukungan,” kata dia. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Menteri Pertanian: Babel Fokus Tingkatkan Produksi dan Ekspor

Published

on

Continue Reading

Headline

Per Hari Ini 7 Agustus, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 2.473 Orang Total Menjadi 121.226 Orang

Published

on

Continue Reading

Headline

Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Seluruh Wilayah Indonesia Diminta Bunyikan Sirene

Published

on

Continue Reading
Loading...