Mendikbud Didorong Lanjutkan Kebijakan Zonasi Pendidikan - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Mendikbud Didorong Lanjutkan Kebijakan Zonasi Pendidikan

Published

on

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Bidang Pendidikan, Retno Listyarti / Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim didorong untuk melanjutkan kebijakan zonasi pendidikan, guna membenahi berbagai standar nasional pendidikan di Indonesia.

Adalah Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti yang mendorong Mendikbud melanjutkan kebijakan zonasi pendidikan itu.

Menurutnya, zonasi pendidikan untuk membangun kualitas pendidikan, untuk meratakan guru, meratakan sarana dan prasarana. “Ini harus dimulai,” kata Retno, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

KPAI, kata dia, mengusulkan agar pendekatan zonasi tidak hanya digunakan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tetapi juga untuk membenahi berbagai standar nasional pendidikan, mulai dari kurikulum, sebaran guru, sebaran peserta didik sampai dengan kualitas sarana prasarana.

Dia menyebut penerapan sistem zonasi pendidikan perlu dilakukan untuk pemerataan pendidikan yang berkualitas, sehingga diharapkan dapat mengatasi persoalan ketimpangan di masyarakat.

Bukan hanya itu, dirinya mengatakan jika minimnya sekolah negeri di jenjang SMP dan SMA juga harus diatasi melalui sistem zonasi pendidikan, sehingga mendorong pemerintah daerah untuk segera membangun sekolah dan infrastruktur yang dapat mendukung kualitas pendidikan.

“Kalau tidak ditambah, maka setiap tahun kita akan menghadapi keluhan masyarakat dan masalah PPDB di setiap daerah,” kata dia.

Oleh karena itu, KPAI mendorong pemerintah pusat untuk tidak hanya melakukan zonasi siswa, tetapi juga zonasi guru dan zonasi pendidikan yang melibatkan setidaknya 7 Kementerian/Lembaga. [ipg]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Akademisi UIN Sebut RUU Omnibuslaw Bisa Memperbaiki Keadaan

Published

on

Continue Reading

Headline

Buruh KSPI Ancam Akan Mogok Nasional Jika RUU Cipta Kerja Terus Dibahas

Published

on

Continue Reading

Headline

Per Hari Ini 3 Agustus Pasien Covid Bertambah 1.679 Orang, Total Pasien Menjadi 113.134 Orang

Published

on

Continue Reading
Loading...