Polisi Bisa Langsung Tindak Dugaan Penebangan Hutan Liar - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Polisi Bisa Langsung Tindak Dugaan Penebangan Hutan Liar

Published

on

Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP Aria Sandi. (Foto: Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Polisi bisa langsung bertindak jika menemukan bukti hutan yang ditebas berstatus kawasan hutan lindung. Walaupun tidak ada laporan kalau aparat menemukan penebasan kayu dalam kawasan hutan, bisa segera ditindak.

“Itu pembalakan liar, pidana murni. Pembalakan liar bukan termasuk delik aduan, sehingga polisi bisa langsung bertindak jika ditemukan indikasi kuat adanya penebangan kayu dalam kawasan hutan lindung,” kata Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP Aria Sandi melalui aplikasi perpesanan.

Dijelaskan, dirinya telah memperoleh informasi soal dugaan adanya penebasan hutan di kawasan Laob Tunbes di Desa Loli, Kecamatan Polen, TTS. Saat ini, Polres TTS tengah menyelidiki informasi tersebut. “Iya, nanti kita lidik. Ada pidana kita tindak,” ujarnya.

Sebelumya diberitakan, beberapa warga Loli bernama Chirst Hauoni dan Maxi Angket yang tinggal di Soe dan Kimto Angket serta Marthen Mella, menyampaikan  kekuatiran mereka soal penebangan hutan oleh warga setempat. Kegiatan ilegal yang mulai dilakukan oleh warga sekitar empat bulan lalu itu, dikuatirkan akan berdampak pada  keringnya sumber-sumber air di wilayah tersebut.

“Itu kawasan hutan yang dilarang pemerintah untuk ditebas. Tapi penebasan kini terjadi dan itu dimulai sekitar tiga atau empat bulan lalu. Mata air Loli kini mulai mengering. Saya sebagai salah satu amaf dari kefetoran Bijeli, sangat prihatin dengan penebasan kawasan hutan Laob Tunbes itu,” ucap Maxi Angket yang juga merupakan ASN Kesbangpol Kabupaten TTS tersebut.

Dia menyampaikan, luas lahan hutan yang ditebas diperkirakan sudah mencapai lebih dari lima hektar. Bahkan, di atas lahan tersebut kini ada permukiman baru dan sudah dibangun sekitar lima puluh rumah berkonstruksi permanen maunpun semi permanen.

Meski demikian, mereka tidak mengetahui persis siapa dibalik penebasan itu. Menurut Maxi, jika warga desa berani menebas kawasan untuk ditempati, maka dapat diduga ada oknum berpengaruh yang memberi keluasan bagi mereka.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Warga Tapian Dolok Demo di Lokasi Pembangunan Jalan Tol Tebingtinggi-Parapat

Published

on

Continue Reading

Daerah

Viral Di Padang Sumatera Barat,Video Aksi Seorang Lelaki Begal Payudara

Published

on

Continue Reading

Daerah

Anies Puji Jasa Mendiang Wali Kota Park Won Soon dalam Penanganan Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...