Hukuman Mati Koruptor Perlu Political Will Pemerintah - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Hukuman Mati Koruptor Perlu Political Will Pemerintah

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mantan Jaksa Agung Marzuki Darusman merasa penerapan hukuman mati dan seumur hidup untuk pelaku korupsi perlu political will pemerintah.

Menurutnya, jika hukuman ini dapat diterapkan dengan efektif tergantung kepemimpinan nasional, jika pemimpin yang dipilih cukup kuat untuk memimpin.

“Jadi ini tergantung kepemimpinan nasional. Kita ini harus memilih pemimpin yang lebih kuat. Yang jelas memang dia kuat untuk memimpin,” ujar Marzuki dalam Seminar Nasional 20 Tahun UU 39/1999 tentang HAM, Refleksi dan Proyeksi di Kompleks Parlemen RI Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Sebelumnya, Marzuki merujuk pernyataan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly yang mengatakan jika hukuman mati nanti akan disertai dengan aturan masa 10 tahun jeda, sehingga kalau ada kelakuan baik bisa diubah menjadi hukuman seumur hidup, dan dari hukuman seumur hidup bisa diubah menjadi hukuman 20 tahun.

“Tapi hukuman seumur hidup juga hukuman yang sangat kejam, maka harus dicari jalan,” ujar Marzuki.

Memang ia mengakui hukuman mati dimana pun akan menjadi favorit karena menjadi satu ukuran martabat suatu bangsa.

“Hukuman mati dimana-mana kalau kita ambil survei, 70-80 persen setuju hukuman mati diterapkan. Karena hukuman mati itu ukuran martabat suatu bangsa,” ujar Marzuki.

Kendati mengakui hukuman mati itu favorit, menurut Marzuki, hukuman mati tidak efektif untuk diterapkan. Karena yang dibutuhkan untuk hukuman mati bukan sekedar argumentasi praktis, tapi juga prinsipil.

“Kalau dalam Undang-Undang Dasar 1945 mengakui hak hidup, bahkan negara pun tidak bisa memperlakukan hukuman mati kepada warga negaranya,” ujar dia.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

JPU Tuntut Putra Siregar Didakwa Langgar UU Kepabeanan

Published

on

Continue Reading

Headline

KPK Kembali Periksa Dugaan Suap, Anggota DPRD Muara Enim

Published

on

Continue Reading

Headline

Bareskrim Akan Telusuri 4 Nama Disebut Bonyamin Terkait Kasus Djoko Tjandra

Published

on

Continue Reading
Loading...