Sidang Perkara Dugaan Korupsi, Eksepsi Bekas Anggota DPRD NTT Ditolak - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Sidang Perkara Dugaan Korupsi, Eksepsi Bekas Anggota DPRD NTT Ditolak

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang kembali menggelar sidang kasus dugaan korupsi pembangunan embung di Desa Mnela Lete tahun 2015 senilai Rp 756 juta, Rabu (11/12/2019).

Sidang kali ini beragendakan pembacaan putusan sela atas eksepsi kuasa hukum terdakwa Jefri Un Banunaek (bekas anggota DPRD NTT) yang dipimpin majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mengngi didampingi hakim anggota, Ari Prabowo dan Ali Muhtarom.

Sementara terdakwa didampingi kuasa hukumnya, Novan Erwin Manafe dan Semar Dju. Turut hadir JPU Kejari Kabupaten TTS, Mourist Kolobana dan Khusnul Fuad.

Majelis hakim dalam putusannya menegaskan bahwa eksepsi atau nota keberatan dari terdakwa Jefri Un Banunaek dinyatakan ditolak seluruhnya.

Alasan ditolaknya eksepsi dari terdakwa yakni bahwa nota keberatan yang disampaikan terdakwa melalui kuasa hukumnya telah menyentuh atau masuk pada pokok perkara.

Selain itu, nota keberatan atau eksepsi dari terdakwa ditolak karena surat dakwaan JPU Kejari Kabupaten TTS telah memenuhi syarat formil baik itu identitas terdakwa, tanggal dan tanda tangan.

“Eksepsi terdakwa dinyatakan ditolak karena uraian dakwaan jaksa penuntut umum telah jelas, lengkap dan cermat. Dan, eksepsi kuasa hukum terdakwa telah menyentuh pokok perkara sehingga dinyatakan ditolak,” kata hakim.

Dilanjutkan hakim, uraian surat dakwaan JPU Kejari TTS telah lengkap, cermat dan jelas dimana telah diuraikan waktu, kejadian perkara dan rangkaian perbuatan yang dilakukan terdakwa.

Ditegaskan hakim, dengan ditolaknya eksepsi atau nota keberatan dari terdakwa melalui kuasa hukumnya, maka sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembuktian atau pemeriksaan saksi.

Kuasa hukum terdakwa, Novan Erwin Manafe yang dikonfirmasi usai persidangan menambahkan bahwa eksepsi atau nota keberatan dinyatakan ditolak.

Dengan ditolaknya nota keberatan itu, kata Novan, hakim memerintahkan agar sidang dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi – saksi pada sidang berikutnya.

JPU Kejari Kabupaten TTS, Khusnul Fuad yang didampingi Mourist Kolobana mengaku bahwa berdasarkan putusan sela majelis hakim Pengadilan Tipikor Kupang, maka selaku JPU akan melaksanakan perintah hakim yakni menghadirkan saksi – saksi dalam perkara tersebut. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kapolres Taput Tinjau Jembatan Yang Rusak di Desa Muara Tolang yang Mengakibatkan Akses Jalan Lumpuh

Published

on

Continue Reading

Daerah

AMPPMI Tagih Janji Bupati Asahan Pulangkan TKI Yang Terkatung – Katung di Malaysia

Published

on

Continue Reading

Daerah

Begini Nasib Plt Bupati Bengkalis usai Ditangkap Setelah Buron 5 Bulan

Published

on

Continue Reading
Loading...