Connect with us

Nasional

Tolak UN Dihapus, JK: Mutu Pendidikan Indonesia Bakal Makin Turun

Published

on

Realitarakyat.com – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai peniadaan ujian nasional (UN) dapat berdampak pada penurunan mutu pendidikan di Indonesia.

Dia merujuk pada riset oleh Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan (OECD) lewat Programme for International Student Assessment (PISA).

Menurutnya, peringkat Indonesia turun pada 2018 karena ujian nasional sudah tidak menjadi penentu kelulusan. Berbeda pada 2015 lalu.

Jika ujian nasional benar-benar dihapuskan, menurut JK, lazim jika peringkat Indonesia semakin menurun.

“Kenapa PISA menerangkan bahwa tahun 2018 turun? Apa yang terjadi antara 2015 ke 2018? Itu karena Ujian Nasional pada waktu itu tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Akhirnya semangat belajar berkurang,” kata JK di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

JK menilai kebijakan menghapus ujian nasional perlu ditunda. Dia berharap Nadiem mengurungkan niatnya untuk meniadakan ujian nasional pada 2021.

“Oh iya pastinya (menunda penghapusan ujian nasional),” tuturnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim berencana menghapus ujian nasional pada 2021 mendatang. Ujian nasional terakhir diterapkan pada 2020.

Nadiem menyampaikan itu dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).

“Penyelenggaraan UN tahun 2021, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter,” kata Nadiem.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Terpidana Mati Chai Changpan Kabur, Lima Petugas Lapas Diperiksa

Published

on

Continue Reading

Headline

Terorisme Musuh Bersama, Butuh Sinergi Lintas Institusi Keamanan

Published

on

Continue Reading

Headline

Per hari Ini, Jumlah Positif Covid Bertambah 4.465 Kasus

Published

on

Continue Reading
Loading...