Connect with us

Daerah

Pasca Puting Beliung, Wisata Umbul Tirtomarto Pengging Dibuka Sabtu Ini.

Published

on

Realitarakyat.com – Obyek wisata Umbul Tirtomarto Pengging, Kecamatan Banyudono dibuka kembali untuk umum, Sabtu (14/12/2019) ini. Pasca terjadinya bencana angin puting beliung.

Bencana yang terjadi pada Selasa (10/12/2019) petang, mengakibatkan dua pohon beringin di komplek wisata peninggalan Keraton Surakarta tersebut roboh. Satu pohon beringin lainnya patah. Selain itu, sebuah joglo di teater terbuka juga roboh total.

Hal itu menyusul tuntasnya pembersihan pohon roboh akibat disapu angin puting beliung.

Menurut pengelola pengelola Umbul Tirtomarto Pengging, Wardoyo, kepada wartawan, mengatakan sejumlah petugas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan BPBD Boyolali langsung bergerak menebang batang pohon yang roboh.

Sebagian petugas juga membersihkan bangunan joglo yang roboh di arena teater terbuka. Rencananya akan dibuka kembali hari ini. Sabtu (14/12/2019)

Beberapa bagian bangunan mengalami kerusakan. Genteng dan sebagian pagar rusak, termasuk bangunan joglo di arena teater terbuka ambruk. Dampak dari bencana angin puting beliung yang terjadi pada Selasa (10/12/2019) sore,

Kami jadwalkan, upaya pembersihan tuntas Jumat dan Sabtu ini bisa dibuka untuk umum.” ujarnya.

Pihaknya mendapat bantuan petugas BPBD yang membawa gergaji mesin untuk memotong pohon beringin yang roboh. Sehingga pembersihan batang pohon yang roboh dilakukan lebih cepat,” ungkap Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Susilo Hartono. Sabtu (14/12/2019)

Namun tetap akan kami lihat kembali. Jika memungkinkan ada pengalihan anggaran, maka pembangunan kembali joglo ini bakal diprioritaskan

Dia menambahkan untuk pembangunan kembali bangunan joglo, pihaknya mengaku baru bisa dilakukan pada APBD Perubahan 2020 mendatang. Pasalnya, APBD Murni 2020 sudah digedok beberapa waktu yang lalu,” terang dia.

Komplek Umbul Tirtomarto, Pengging, Kecamatan Banyudono hari ini (Sabtu red) sudah dibuka kembali setelah terjadinya bencana angin puting beliung.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Ketua KPID Sumut Meninggal Dunia Akibat Positif Covid

Published

on

Continue Reading

Daerah

Bawa Anak-anak Ikut Kampanye Akan Dimasukkan Penjara

Published

on

Continue Reading

Daerah

Satpol PP yang Sempat Viral Akibat Arogar Terhadap warga, akhirnya Dikandangkan Walikota

Published

on

Continue Reading
Loading...