Pemerintah Costa Rica Keluarkan Izin Aborsi dengan Tiga Syarat - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Pemerintah Costa Rica Keluarkan Izin Aborsi dengan Tiga Syarat

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Costa Rica Carlos Alvarado pada Kamis mengeluarkan dekrit teknis yang memungkinkan aborsi terapi di negara Amerika Tengah tersebut, meski ditentang oleh kelompok politik konservatif dan agama.

Dekrit, hukum berusia 50 tahun memungkinkan kehamilan dihentikan hanya jika kesehatan ibu berisiko, namun minimnya penjelasan peraturan di rumah sakit mengartikan bahwa hukum tersebut tak dapat diterapkan.

“Keputusan ini akan menyelamatkan nyawa kaum perempuan serta melindungi kesehatan mereka,” kata Alvarado seperti dikutip dari reuters, Jumat (13/12/2019).

Langkah tersebut akan memungkinkan aborsi terapi pertama dilakukan selama enam bulan di rumah sakit umum. Klinik swasta juga akan diizinkan menerapkan prosedur tersebut.

Menteri Kesehatan Daniel Salas mengatakan melalui pernyataan bahwa aborsi terapi dapat dilakukan jika tiga syarat terpenuhi, yakni jika tidak ada alternatif medis, jika perempuan bersangkutan setuju dan setelah evaluasi wajib dari tiga profesional medis.

Hukum Costa Rica menyatakan bahwa aborsi legal, jika dilakukan atas persetujuan pihak perempuan dan dilakukan oleh dokter atau dokter kandungan dan juga “ketika dilakukan untuk menghindari ancaman terhadap nyawa atau kesehatan sang ibu” serta ketika tak ada pilihan lain.

Kendati Reputasi Costa Rica sebagai negara yang berpandangan ke depan, dengan standar tinggi pendidikan dan kesehatan, hak-hak reproduksi seperti bayi tabung dan aborsi secara luas tak dapat diterima.

Namun survei terbaru menunjukkan bahwa sekitar 58 persen warga Costa Rica mendukung penerapan amendemen hukum yang memungkinkan aborsi terapi.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Bekas Menkeu Malaysia Lim Guan Eng Didakwa minta suap 10 persen

Published

on

Bekas Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng
Continue Reading

Luar Negeri

China Minta Amerika Hentikan Tindakan Retorika di Taiwan Ketegangan Amerika Dan China makin Meningkat

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Pentagon sampaikan keprihatinan atas aktivitas China di LCS

Published

on

Continue Reading
Loading...