Connect with us

Nasional

Pemerintah Perlu Teknologi Standar untuk Tangani Sampah Bahan Berbahaya

Published

on

Realitarakyat.com – Pemerintah perlu teknologi standar untuk memproses pembuangan sampah hingga pembakaran sampah, terutama stayrofom agar tidak berdampak pada lingkungan hidup.

“Ini sedang dikembangkan di LIPI misalnya memakai insinerator yang dilengkapi dengan unit plasma,” kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko usai rapat peluncuran Baseline Data Nasional Sampah Laut di Jakarta ditulis, Sabtu (14/12/2019).

Dengan mekanisme unit plasma tersebut, kata dia, LIPI menyakini kandungan racun seperti dioksin dapat diurai hingga mendekati nol persen. Unit plasma adalah sebuah alat yang menggunakan metode plasma non-thermal yang menguraikan gas buang yang beracun menjadi tidak beracun.

Metode plasma sendiri adalah teknologi yang menggunakan proses tumbukan elektron yang dapat mengionisasi dan menguraikan gas beracun seperti NOx. SOx, dioxin dan furan menjadi gas yang aman dan dapat dilepas ke lingkungan.

Selama ini, kata dia, masyarakat memproses sampah dengan cara dibakar menggunakan insinerator non standar akan menimbulkan kandungan dioksin, sehingga bisa meracuni ekosistem sekitar serta membahayakan kesehatan.

“Tentunya penerapan cara seperti itu tidak bagus,” kata dia. [yus]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Mabes Polri Tidak Beri Izin Nobar Film G30 S PKI Dengan Alasan Covid

Published

on

Continue Reading

Headline

Wapres: Pemda Harus Penuhi Hak Masyarakat Atas Informasi COVID-19

Published

on

Continue Reading

Headline

KKP Sebut Menteri Kelautan dan Perikanan Sudah Kembali Sehat

Published

on

Continue Reading
Loading...