Kementan Raih Penghargaan 'Wilayah Bebas Korupsi' - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Kementan Raih Penghargaan ‘Wilayah Bebas Korupsi’

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan zona integritas menuju ‘Wilayah Bebas dari Korupsi’ (WBK) Nasional oleh Menteri Pendayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN–RB) di 4 Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Empat UPT yang mendapat penghargaan yaitu Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Baturraden Jawa Tengah, Balai Embrio Transfer Cipelang Bogor, Balai Inseminasi Buatan Bandung Jawa Barat, Balai Penelitian Tanaman Keras Malang, dan Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung.

“Saya sampaikan apresiasi kepada Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dan seluruh jajaranya, mereka sudah mengawal dan melakukan fungsi pengawasan dengan baik untuk mendorong wilayah bebas korupsi artinya ada proses, ada sistem yang dibangun dan juga ada reward yang diberikan, bukan hanya punishment, ” ujar Menteri Pertanian, di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Lebih lanjut Mentan Syahrul mengatakan bahwa upaya pencegahaan dan pemberantasan korupsi di Lingkungan Kementan telah berjalan selama satu dasawrasa melalui pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Ini merupakan perjalanan panjang yang sungguh luar biasa, yang telah dilakukan oleh Kementan yang secara konsisten membangun komitmen antikorupsi. Ini menjadi akumulasi dari satu proses institusional dari Kementerian Pertanian,” tutur Syahrul.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal, Kementan, Justan Riduan mengatakan bahwa Menteri Pertanian juga ditetapkan sebagai Pelopor Perubahan Tahun 2019, yang telah berkomitmen untuk melakukan perubahan secara terus-terus pada pelayanan publik dan penataan birokrasi sebagai representasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Sampai dengan saat ini, Sambung Justan, tingkat maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Kementerian Pertanian telah pada Level III atau Terdifinisi. Berdasarkan hasil Quality Assurance dari BPKP, Internal Audit Capability Model (IACM) Kementan telah mencapai Level III (Terintegrasi/Integrated), dan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian audit audit BPK-RI meraih opini WTP berturut – turut dari Tahun 2016, 2017 dan 2018.

“Kementerian Pertanian ditetapkan sebagai kementerian terbaik dalam pencegahan dan pengelolaan gratifikasi selama 2 tahun berturut-turut oleh KPK-RI, yaitu pada tahun 2017 dan 2018, ” ujarnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Waskita Karya Dapat Kontrak Baru Rp8,13 Triliun per Juni 2020

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Anis Byarwati Pertanyakan Rencana Sri Mulyani Soal bantuan Rp 600 Untuk Pegawai Swasta

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Sri Mulyani Sebut Pekerja Gaji Dibawah Rp5 Juta, Akan Mendapatkan Bantuan

Published

on

Continue Reading
Loading...