Connect with us

Ekonomi

Hipmi Minta Pemerintah Tempatkan Milenial di Kursi Pimpinan BUMN

Published

on

Ilustrasi. (Net)

Realitarakyat.com — Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H.Maming mengapresiasi aksi bersih-bersih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  akhir ini. Maming menilai, bersih-bersih di BUMN sangat penting, agar perusahaan plat merah itu mampu bersaing dengan korporasi-korporasi kakap di kawasan ASEAN ke depan.

“Kami sangat mendukung aksi dari Menteri BUMN. Penting untuk daya saing BUMN ke depan dan menjadi agen pembangunan perekonomian bangsa,” ujar Maming di Jakarta, hari ini.

Hipmi mengusulkan, Erick untuk berani merekrut generasi-generasi milenials menduduki pimpinan-pimpinan puncak di BUMN-BUMN. “Kita tantang senior kami Bang Erick untuk mengisi pimpinan-pimpinan puncak di BUMN dengan generasi milenials,” ujar Maming, di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Tak hanya di BUMN, menurut Maming, di lembaga lainnya pun harusnya ruang kepemimpinan untuk generasi milenial dibuka selebar-lebarnya. “Kita akan menghadapi bonus demografi, penting kita mempersiapkan generasi milenial untuk 10 tahun mendatang. Mereka harus mulai dilatih dipersiapkan dari sekarang agar mampu bersaing dengan milenial-milenial dari negara lain di era pasar tenaga kerja yang semakin terbuka dan bebas antar negara,” papar Maming.

Maming mengatakan, BUMN-BUMN perlu segera melakukan regenerasi kepemimpinan, utamanya di manajemen menengah dan atas. Regenerasi dilakukan pada tingkat direksi atau minimal pada level komisaris.

Regenerasi ini dibutuhkan agar BUMN-BUMN semakin adaptif dan tak hanya itu, mampu memimpin perubahan. “Salah satu sebab BUMN kita ini agak lamban, sebab regenerasi berlangsung lamban. Kita belum punya sosok-sosok yang muda-muda seperti di private sector lainnya,” pungkas Maming.

Menurut Maming, di era industri 4.0 ini, rata-rata korporasi-korporasi kakap dan terkaya dunia telah dikendalikan oleh generasi muda. Di tangan anak-anak muda ini, tak perlu waktu lama bagi sebuah perusahaan untuk menjadi besar.

“Korporasi-korporasi kakap ini dikelola anak-anak muda, dengan siklus perkembangan cepat dan sangat inovatif. Generasinya sudah beda. Generasi lama sudah gagap dengan perkembangan teknologi. BUMN kita harapkan bisa adaptif,” ujar Maming.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

LPDB Dampingi Koperasi Pemula Lewat Program Inkubator Wirausaha

Published

on

Dirut LPDB-KUMKM Supomo (ist/net)
Continue Reading

Ekonomi

Duh, Pemerintah Batasi Penggunaan Listrik Pelanggan Subsidi yang Dapat Diskon Gratis dan 50 Persen

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Menkop Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Peluang Pasar di Jepang

Published

on

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (ist/net)
Continue Reading
Loading...