Bawaslu: Sistem SIPS Diharapkan Optimalkan Pilkada - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Bawaslu: Sistem SIPS Diharapkan Optimalkan Pilkada

Published

on

foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) untuk mempercepat pelayanan penyelesaian sengketa yang diajukan kepada bawaslu.

Dalam keterangannya, Ketua Bawaslu RI, Abhan mengaku aplikasi yang disiapkan oleh lembaganya tersebut merupakan salah satu jawaban konkrit atas minimnya waktu pencari keadilan pemilu yang ingin mengajukan sengketa ke Bawaslu.

“Apabila ada pemohon sengketa yang lokasinya jauh dari kantor Bawaslu setempat, kini bisa mengajukan permohonan melalui SIPS. Namun, setelah itu pemohon masih tetap harus melakukan pendaftaran secara fisik ke kantor Bawaslu setempat. Tetapikan setidaknya waktu pelaporan jadi lebih cepat dan aktual,” jelas Abhan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Lanjut Abhan menjelaskan, dalam SIPS ini proses laporan dan lanjutan perkara pemilu yang ada dapat terpantau dan pelapor dapat hadir diwaktu yang dapat terjadwal tanpa harus bolak-balik ke Bawaslu.

“Mulai dari informasi status permohonan, jadwal sidang, hingga putusan dapat dipantau. Selain itu monitoring secara real time dapat dilakukan. Kami harap ini akan menjadi satu alat agar pesta demokrasi pilkada nanti berlangsung optimal dan berkualitas,” pungkasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Corona, Mendes Akan Revitalisasi 27 Ribu BUMDes Mati Suri

Published

on

Continue Reading

Headline

IDI Tidak Terima Menkes Tetapkan Biaya Rapid Test Maksimal Rp 150 Ribu

Published

on

Continue Reading

Headline

Menko PMK Muhadjir Effendy Usul Harga Rapid Test Maksimal Rp75.000

Published

on

Continue Reading
Loading...