Jiwasraya Merugi, Nasdem: Kemana OJK dan BPK Kerjanya - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Jiwasraya Merugi, Nasdem: Kemana OJK dan BPK Kerjanya

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Persoalan pelik yang dihadapi PT Asuransi Jiwasraya yakni penurunan penjualan akibat penurunan kepercayaan nasabah, tidak ada aset untuk memenuhi kewajiban pembayaran, dan gagal bayar.

Mendapat respon dari legislator di DPR, Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pernyataan dari Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi mengatakan persoalan kurang baiknya performa bisnis PT Jiwasraya telah terindikasi sejak tahun 2014 dan terus berlangsung berturut-turut pada tahun berikutnya. Hal itu menunjukan adanya indikasi bahwa kasus tersebut terjadi karena unsur kesengajaan dari pengelola bisnis PT Jiwasraya.

“Hal ini sebenarnya sudah lama terjadi. Komisi VI tidak akan tinggal diam bukan hanya PT Jiwasraya saja yang akan kami usut disini ada OJK dan BPK mengapa sudah tidak sehat masih terus berlanjut tanpa ada catatan ke Pemerintah dan DPR,” kata Subardi saat dihubungi, Kamis (19/12/2019).

Subardi juga menyatakan, pada kasus tersebut ada dua persoalan besar yang terjadi. Pertama persoalan terkait kelembagaan dan kedua persoalan hukum. Untuk menyelesaikan persoalan kelembagaan, PT Jiwasraya harus membangun inovasi dalam manajemennya.

Sedangkan ancaman likuidasi yang dialami bisa ditangani dengan membuka jalan masuk bagi investasi, sehingga polis yang sudah lama tertunggak dapat terbayarkan.

“Investasi pada segmen pasar uang high risk yang dilakukan PT Jiwasraya pastinya diketahui level pimpinan hingga dewan. Semua harus dipertanyakan mengapa berani mengambil resiko dan kini merugikan negara,” paparnya.

Politisi NasDem itu menambahkan bahwa pembayaran polis tersebut dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang harus diusahakan perusahaan berdasarkan urutan prioritas nasabah.

Sedangkan persoalan hukum yang berkaitan dengan hak masyarakat, menurut Mbah Bardi, pihak berwajib harus mengusust tuntas setiap aktor pada kasus itu.

“Harus diusut tuntas pihak-pihak mana saja yang bermain dalam kasus ini, apakah oknum tersebut berlindung di bawah lembaga atau korporasi atau dlindungi secara perseorangan,” kata politisi NasDem dari daerah pemilihan DI Yogyakarta itu.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar tidak lagi terjadi kasus serupa yang menimbulkan jumlah kerugian yang sangat besar bagi masyarakat dan negara.

Subardi mengimbau semua pihak untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan persoalan PT Jiwasraya, baik persoalan hukum maupun kelembagaan.

“Usai reses mari jangan meributkan siapa yang salah tetapi lebih baik duduk bersama bagaimana menyelematkan uang negara dan mengeluarkan masalah dari PT Jiwasraya ini,” pungkasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Roadshow Politik, AHY Temui Cak Imin Siang Ini, Bahas Koalisi Pilkada 2020

Published

on

Continue Reading

Politik

Putusan MK, Rachmawati Justru Memperkuat Kemenangan Jokowi-Amin

Published

on

Continue Reading

Headline

Fahri Bela Mentan soal Kalung Anti Corona: Jangan Mencemooh

Published

on

Continue Reading
Loading...