Empat Elemen Bangsa Perlu Dijaga Untuk Pilkada Berkualitas - Realita Rakyat
Connect with us

Pilkada 2020

Empat Elemen Bangsa Perlu Dijaga Untuk Pilkada Berkualitas

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang dilaksanakan di 270 daerah, Ketua Bawaslu Abhan menghimbau kepada empat elemen bangsa untuk menjaga integritas guna menghasilkan demokrasi berkualitas.

“Elemen yang harus dijaga tersebut meliputi regulasi, penyelenggara, peserta pilkada, dan masyakarat,” kata Abhan dalam keterangan persnya, Minggu (22/12/2019).

Abhan menjabarkan, regulasi atau UU menjadi acuan main dalam melaksanakan pilkada. Di dalamnya memuat hak dan kewajiban dari peserta pemilu dan warga negara sebagai pemilih untuk menentukan apa yang boleh dan tidak boleh. Dia mengatakan, regulasi menjadi elemen penting untuk menjaga kedamaian Pilkada Serentak 2020.

“Kedua soal penyelenggara pilkada yang meliputi, Bawaslu, KPU, dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu), penyelenggara pilkada harus memiliki integritas yang tinggi dalam melaksanakan pesta demokrasi tahun 2020 tersebut,” tuturnya.

“Penyelenggara adalah tulang punggung suksesnya pilkada. Maka harga mati untuk independensi bagi penyelenggara,” imbuhnya kembali.

Ketiga, dia menyinggung soal pilkada yang terdiri dari calon dari partai politik (parpol) dan calon perseorangan. Dia meminta, parpol memiliki integritas yang tinggi dengan cara mengusung peserta terbaik.

“Pun demikian calon perseorangan. Diharapkan mereka memiliki integritas yang tinggi dengan mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan,” pintanya.

Terakhir, elemen yang terpenting yang harus berintegritas menurut Abhan, kalangan masyakarat yang menjadi pemilih itu sendiri. Dirinya meyakini, masyarakat harus berani dan tegas menolak politik uang yang kerap dilakukan oleh peserta pilkada. Selain itu, dia meminta warga negara yang mempunyai hak pilih untuk tulus datang ke TPS.

“UU telah mengatur bahwa pemilih mempunyai hak istimewa untuk memilih lima tahun daerahnya mau seperti apa? Kami berharap harus ada integritas dari pemilih untuk mau datang ke TPS tanggal 23 September 2020 bukan karena diiming-imingi oleh uang dan sembako, tetapi karena panggilan moral untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya,” jelas Abhan.

Tidak lupa, Abhan mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Dia mencontohkan pada Pemilu 2019 fenomena medsos untuk penyebaran hoaks sangat masif. Karena itu, dia menegaskan, masyarakat harus bisa menggunakan medsos secara bijak dengan tidak menyebarkan ujaran kebencian.

“Kalau empat elemen ini baik, maka pilkada ini akan menghasilkan Indonesia yang maju dengan daerah yang adil makmur. Inilah saya kira tantangan kita bersama untuk menghasilkan demokrasi yang baik dan itu ada di tangan kita bersama,” tuntas Abhan.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

KPU Berharap Pilkada 2020 Bisa Jadi Pedoman untuk Pemilu Selanjutnya

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

NasDem Dukung Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) di Pilkada Bengkalis

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

DPRD Kepri minta KPU antisipasi kampanye hitam pada Pilkada 2020

Published

on

Continue Reading
Loading...