Connect with us

Nasional

Jalan Tol Japek II Elevated Efektif Bantu Arus Mudik

Published

on

Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Elevated. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Total sebanyak 358 ribu kendaraan tercatat melewati Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) dan Tol Japek II Elevated selama periode mudik Natal pada 20 – 23 Desember 2019 lalu. Sementara, sebanyak 117 ribu kendaraan atau 33 persen dari total kendaraan tersebut, memilih untuk menggunakan Jalan Tol Japek II Elevated.

“Sehingga dapat dipastikan Jalan Tol Japek II Elevated terbukti efektif untuk membantu pelayanan arus mudik Natal 2019. Hal itu berdasarkan  evaluasi pelayanan arus mudik Natal 2019,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya yang diterima realitarakyat.com, Rabu (25/12/2019).

Menurutnya, peningkatan volume lalu lintas Jalan Tol Japek setiap harinya pada periode mudik Natal, berhasil didistribusikan ke Jalan Tol Japek II Elevated. Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan tertinggi yang melewati Japek Elevated terjadi pada hari Jumat (20/12/2019), yaitu sebanyak 34 persen atau 41.000 kendaraan dari total 124 ribu kendaraan.

“Pada hari Jumat itu, lalu lintas dirasa lebih lancar dibandingkan hari lainnya. Hal itu dikarenakan waktu kedatangan kendaraan yang menyebar dan tidak pada satu rentang waktu yang bersamaan,” ujarnya.

Hal ini berbeda dengan saat pemberlakuan rekayasa lalu linyas one way arus mudik pada hari Sabtu (21/12/2019). Selain itu, dari sisi pengukuran kecepatan untuk segmen Cikunir sampai dengan Karawang Barat pada periode 20-23 Desember 2019, terjadi peningkatan kecepatan arah Cikampek bagi pengguna jalan Jalan Tol Japek II Elevated.

“Yaitu mencapai 62 Km/jam, dibandingkan Jalan Tol Japek Existing, yang mencapai 58 Km/jam. Secara umum, beberapa aspek yang menjadi evaluasi. Yaitu terjadinya antrean jelang pertemuan arus lalu lintas Jalan Tol Japek dan Japek II Elevated di KM 48,” tandasnya.

Selain itu adalah kepadatan pengguna jalan yang akan menggunakan rest area setelah melalui Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu Rest Area Km 50 dan Km 57. Untuk mencairkan kepadatan akibat pertemuan lalu lintas tersebut, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Yaitu contraflow di Km 47 sampai dengan Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur,” jelasnya.[sas]

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kata Mahfud, Benny Wenda Buat Negara Ilusi

Published

on

Benny Wenda/Net
Continue Reading

Headline

Menaker Ida Fauziah Positif Covid-19

Published

on

Continue Reading

Nasional

Presiden Serahkan 18 Nama Calon Anggota Ombudsman ke DPR

Published

on

Presiden Jokowi (ist/net)
Continue Reading
Loading...