Connect with us

Pilkada 2020

Penggunaan Seni Budaya Diharap Tingkatkan Daya Tarik Pilkada

Published

on

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Mochammad Affifudin. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 akan terselenggara dalam beberapa bulan lagi. Sejumlah daerah yang melaksanakan kegiatan tersebut berlomba-lomba menciptakan inovasi agar proses yang ada dapat berlangsung optimal.

Sebagai contoh di wilayah Kabupaten Padang Pariaman yang berinovasi Bawaslu daerah setempat menonjolkan unsur seni budaya yang dimasukkan dalam metode pengawasan Pilkada nanti.

Merespon hal tersebut, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI), Mochammad Affifudin memberi apresiasi kepada daerah yang berani berinovasi untuk menciptakan hasil pilkada yang bersih dan optimal.

“Mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, pengawasan pemilu tidak melulu dilakukan dengan cara formal, melainkan dengan menyasar seni budaya yang hidup dalam masyarakat. Hal ini baginya membuat nilai-nilai pengawasan akan lebih mudah diserap oleh masyarakat,” kata Afif, Sabtu (28/11/2019).

Dirinya pun berharap, penyelenggara pemilu lainnya dapat memiliki inovasi yang serupa agar masyarakat yang akan memberikan suara, dapat tertarik dan jujur dari hati nurani menunjuk siapa yang akan menjadi pemimpin daerahnya.

“Jadi diharapkan bukan hanya soal pengawasan tetapi masyarakat juga memberikan suara berdasarkan kompetensi bukan karena terpengaruh hal-hal negatif,” pungkas Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Emerson Sihombing : Paslon kepala daerah harus berikan contoh protokol kesehatan

Published

on

Continue Reading

Headline

KPU : 96 Persen Kampanye Pilkada Masih Tatap Muka

Published

on

Continue Reading

Pilkada 2020

Akademisi Ingatkan Peserta Pilkada Perlu Optimalkan Kampanye Daring

Published

on

Continue Reading
Loading...