Polisi Amankan Seorang Ibu Paruh Baya Penjual Petasan - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Polisi Amankan Seorang Ibu Paruh Baya Penjual Petasan

Published

on

Seorang wanita paruh baya penjual petasan yang diamankan Polsektro Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Polisi mengamankan seorang wanita paruh baya, lantran menjual petasan yang tidak sesuai aturan. Sang ibu diamankan bernama Devina (56), diamnkan di kawasan Jalan Tambak, Pegangsaan, Jakarta Pusat pada Minggu (29/12/2019) malam.

“Dari hasil periksaan, pelaku baru menjual sejumlah petasan itu untuk yang pertama kalinya. Keterangannya sih jualan petasannya baru  kemarin, sehari jualan langsung dibawa ke polsek,” kata Kapolsek Metro Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq, Senin (30/12/2019).

Menurut Guntur, operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan petasan sebagai alat untuk aksi tawuran. Pihaknya juga masih melakukan penyelidikan, karena operasi petasan untuk keamanan antisipasi terjadinya tawuran.

“Dari penangkapan ini, kami menyita sejumlah barang bukti petasan dan kembang api. Kepada polisi, sang ibu mengaku berjualan petasan karena untuk menghidupi keluarganya,” ujarnya.

Pelaku mengaku, ibunya tengah sakit. Makanya jualan petasan buat biaya pengobatan. Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono melarang petasan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pelarangan diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Pengamanan Bahan Peledak Komersial. Berdasarkan Pasal 10 Ayat (5) Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008, ada dua jenis bunga api yang digunakan masyarakat.

Yakni bunga api mainan berukuran kurang dari dua inci (tidak menggunakan izin pembelian dan penggunaan) dan bunga api untuk pertunjukan berukuran dari dua inci sampai dengan delapan inci.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

WN Prancis Lecehkan 305 Anak di Hotel Jakarta Barat, Dan Pelaku Videokan Seluruh Aksinya

Published

on

Continue Reading

Hukum

KPK Kembali Periksa Enam Saksi Terkait Kasus Suap di Mahkamah Agung

Published

on

Continue Reading

Headline

Pengamat Intelijen : Secara Akademis Militer di Dunia Menghadapi Terorisme

Published

on

Continue Reading
Loading...