Sebut Jokowi dan DPR Dalang Kehancuran KPK, ICW Bisa Dimejahijaukan - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Sebut Jokowi dan DPR Dalang Kehancuran KPK, ICW Bisa Dimejahijaukan

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pernyataan keras Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam memberikan catatan akhir tahun 2019 dinilai emosional.

Apalagi dengan pernyataan ICW kalau 2019 adalah tahun pelemahan dan kehancuran pemberantasan korupsi di Indonesia yang dilakukan pemerintah dan DPR RI.

“Beberapa media online terkemuka di tanah air mengutip pandangan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang terkesan sangat prematur, terburu-buru, dan emosional,” ucap pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing lewat keterangannya, Senin (30/12/2019).

Menurut ICW, kata Emrus, Firli cs adalah pimpinan KPK paling buruk sepanjang sejarah. Bahkan ICW juga menilai, ini tahun kehancuran bagi KPK, yang benar-benar disponsori oleh Istana atau Presiden Jokowi juga anggota DPR periode 2014-2019 dan 2019-2024.

“Pandangan dan penilaian tersebut, menurut saya sudah melampaui kewajaran, baik dari aspek dugaan pelanggaran hukum maupun ketidaktaatan terhadap prinsip dan proses ilmiah,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Emrus, pandangan dan penilaian ICW yang terlalu vulgar dalam memberikan pernyataan terhadap pemerintah dan pimpinan KPK harus dimejahijaukan.

“Karena itu, terhadap pandangan dan penilaian ICW tersebut, saya menyarankan kepada Biro Hukum Kepresidenan, Biro Hukum DPR-RI, dan Biro Hukum KPK secara terpisah melakukan pengkajian untuk mengurai apakah ada unsur dugaaan pelanggaran hukum,” paparnya.

Jika hasilnya ternyata memenuhi unsur sebagai dugaan pelanggaran hukum, maka biro hukum di tiga lembaga tersebut secara terpisah harus melaporkannya kepada aparat penegak hukum.

“Ini tidak boleh dibiarkan. Tidak ada yang kebal hukum dengan alasan apapun, baik terhadap yang menamakan dirinya sebagai organisasi antikorupsi,” tandasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Mantan Bupati Bogor Hari Ini Diperiksa KPK Terkait Dugaan Pemotongan Anggaran

Published

on

Continue Reading

Headline

Kebun Kelapa Sawit Milik Nurhadi mantan Sekjen MA Mulai Terlacak KPK

Published

on

Continue Reading

Hukum

Soal Kasus Jiwasraya, Hexana Diingatkan Tidak Lepas Tangan

Published

on

Continue Reading
Loading...