Connect with us

Ekonomi

Kementerian ESDM Lanjutkan Uji Terap B30 ke Mesin Pertanian

Published

on

Ilustrasi. (Net)

Realitarakyat.com – Setelah sukses dengan uji jalan bahan bakar B30 pada kendaraan diesel, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) LEMIGAS melanjutkan uji terap B30 pada alat mesin pertanian.

Uji terap dilakukan dengan cara membandingkan kinerja mesin diesel penggerak traktor dengan menggunakan bahan bakar B20 dan B30. Uji terap yang dilakukan meliputi uji kinerja mesin diesel penggerak traktor pada test bench, uji kinerja traktor roda dua (uji laboratorium dan uji lapang), serta uji ketahanan selama 1.000 jam. Selain itu juga dilakukan uji pada traktor roda empat meliputi uji kinerja pada test bench dan uji ketahanan selama 1.000 jam.

Pengujian ini dimulai bulan November 2019 dan ditargetkan selesai akhir bulan Januari 2020. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM Dadan Kusdiana di Jakarta, Selasa (31/12/2019) menjelaskan bahwa pemanfaatan B30 untuk berbagai sektor sudah mendesak, bahkan sudah menjadi perhatian besar Presiden.

Penerapan bahan bakar B30 secara resmi diberlakukan pada 1 Januari 2020 dan diluncurkan oleh Presiden tanggal 28 Desember 2019. Pimpinan RnD PT Kubota Indonesia Ristiawan menjelaskan, hingga akhir Desember 2019, uji terap telah menyelesaikan waktu 679 jam dari 1.000 jam yang ditargetkan.

Batas waktu ini mengacu pada masa garansi pabrikan alat kepada konsumen. “Kalau pengujian non stop, kira-kira akan selesai dalam waktu dua bulan,” kata Rustiawan.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Indonesia dan Swedia Komitmen Wujudkan Kerja Sama Berkelanjutan

Published

on

ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Terima Banpres Produktif, Pemilik Warung Sembako Ini Mengaku Terharu

Published

on

Ade Irawan (ist/net)
Continue Reading

Ekonomi

G20 Serukan Bangun Sistem Kesiapan untuk Hadapi Pandemi di Masa Depan

Published

on

Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis 26 Maret 2020. KTT tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan COVID-19. (ist/net)
Continue Reading
Loading...