Connect with us

Peristiwa

Proses Normalisasi DAS Ciliwung Baru 16 KM

Published

on

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Hingga saat ini, proses normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di wilayah Ibukota Jakarta, baru mencapai 16 kilometer yang sudah rampung. Padahal seharusnya normalisasi Sungai Ciliwung secara keseluruhan mencapai 33 kilometer.

“Ternyata yang sudah dinormalisasi baru sepanjang 16 km,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, kemarin. Menurutnya, beberapa wilayah di sekitar wilayah sungai yang sudah dinormalisasi tampak tidak terdampak banjir atau genangan air.

Begitu pula sebaliknya, sejumlah daerah yang belum dinormalisasi sebagian besar kebanjiran. Kementerian PUPR bersama kementerian/lembaga (K/L) terkait lainnya juga bakal mengintensifkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Hal itu agar daerah yang terendam banjir, ke depan dapat lebih berkurang dari jumlah saat ini,” ujarnya. Pihaknya juga akan mendiskusikan dengan Gubernur DKI untuk membuat program percepatan normalisasi.

Termasuk di Kali Pesanggarahan juga dengan sodetan kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur. Dengan adanya langkah-langkah untuk pembebasan lahannya, dari total 1,2 km, saat ini 600 meter diantaranya sudah dikerjakan.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Kepala BNPB Doni Monardo sempat melakukan peninjauan luas wilayah ibukota yang terdampak banjir secara langsung. Peninjauan dilakukan melalui udara dengan menggunakan tiga helikopter.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peristiwa

Polisi Gandeng Diskes DKI untuk Swab Test Keluarga Rizieq

Published

on

Continue Reading

Peristiwa

Polisi Klaim Sambangi Rumah Rizieq karena Dengar Kabar Sakit

Published

on

Continue Reading

Metropolitan

Jurnalis Metro TV Tewas Kecelakaan di Cakung

Published

on

ilustrasi
Continue Reading
Loading...