Connect with us

Lingkungan Hidup

Cuaca Ekstrem Perparah Banjir Jakarta

Published

on

Ilustrasi. (Net)

Realitarakyat.com – Hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi untuk sepekan ke depan. Hal itu berdasarkan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan  (BBS), mengindikasikan terjadinya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo, melalu laman resmi BMKG, kemarin.

Menurutnya, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS (sekitar Australia) dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Terutama di bagian Selatan ekuator.

“Sementara, berdasarkan model prediksi, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), fase basah diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah Indonesia selama periode sepekan ke depan. Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, lanjutnya, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas tinggi disertai kilat/petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di beberapa wilayah. BMKG juga memprakirakan, daerah pesisir Jakarta Utara akan mengalami pasang air laut yang besar hingga meluap atau dikenal juga dengan banjir rob, maksimum pada 9-11 Januari 2020.

“Dan diprakirakan bakal memperparah banjir di Jakarta. Menurut pantauan BMKG, sekarang air laut mulai bergerak naik melewati Tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara atau National Capital Integrated Coast (NCIC) saat terjadi pasang di Muara Baru, Jakarta, Senin (6/1/2020).[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Indonesia Diajak Atasi Krisis Iklim Lewat Pekan Diplomasi Iklim UE

Published

on

Continue Reading

DPR

Komisi V Ingatkan BMKG Sosialisasi Prediksi Cuaca Antisipasi La Nina

Published

on

ist/net
Continue Reading

Lingkungan Hidup

Masuki Musim Penghujan, Kepala BNPB Ingatkan Seluruh Daerah Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...