Connect with us

Luar Negeri

Indonesia Bisa Tarik Dubesnya di Beijing

Published

on

Pengamat hubungan internasional Arya Sandhiyudha. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Indonesia bisa menarik pulang Duta Besar RI di Beijing, bila China terus bermain-main dalam hal prinsip dengan Indonesia. Sebab, masuknya kapal nelayan dan kapal coast guard China ke wilayah perairan Natuna, Kepulauan Riau bisa diartikan China tak menghargai hubungan bilateral China  dengan Indonesia.

“Kalau China memancing konflik Natuna dengan masuk ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, berarti sudah tidak menghargai persahabatan lagi,” kata  pengamat hubungan internasional Arya Sandhiyudha, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, dengan masuknya kapal nelayan dan kapal coast guard China ke wilayah perairan Natuna, China telah melanggar wilayah ZEE Indonesia. Dia menambahkan, klaim historis China tidak punya dasar hukum sama sekali. Baik UNCLOS 1982 ataupun putusan Pengadilan Arbitrase Internasional (Permanent Court of Arbitration/PCA) 2016.

“Klaim historis China atas Natuna sangat berbahaya. Karena China  berpotensi kehilangan persahabatan, bukan hanya dengan Indonesia tapi dengan ASEAN secara keseluruhan,” ujarnya.

Untuk itu, perlu ada komunikasi intensif dengan Malaysia, Filipina, Vietnam dan negara lain yang bersengketa dengan China. Secara diplomatik, lanjutnya, perlu menciptakan blocking ASEAN terhadap Tiongkok dalam bab diplomasi hukum internasional.

“Jika hal itu dilakukan, akan memberi pesan bahwa ASEAN tidak peduli dengan kerugian besar China  kalau negara itu juga tidak peduli dengan kedaulatan dan hak berdaulat kita di ZEE,” tandasnya.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Ribuan Petani India Bentrok Lawan Polisi di Perbatasan New Delhi

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Jenazah Perempuan WNI Ditemukan di Sebuah Koper di Mekkah

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Ilmuwan Nuklir Iran Dibunuh, Khammeni Siap Balas Dendam

Published

on

Continue Reading
Loading...