Connect with us

Daerah

Korban Banjir Bekasi Juga Ingin Lakukan Gugatan Class Action

Published

on

Realitarakyat.com – Gugatan korban banjir ternyata tak hanya dilakukan di DKI Jakarta saja. Sejumlah warga Kota Bekasi yang menjadi korban banjir juga berencana melakukan gugatan perdata ganti rugi melalui mekanisme “class action“.

“Kita ambil polanya itu class action. Kita mengakomodasi masyarakat, beberapa orang untuk mengajukan gugatan. Intinya kita mengumpulkan beberapa orang dulu baru kita menyampaikan gugatan tersebut,” jelas Dadan Ramlan, anggota Tim Advokasi Korban Banjir Kota Bekasi saat dihubungi, Selasa (7/1/2020).

Kendati demikian, Dadan mengaku, pihaknya masih melakukan kajian dan pendalaman terkait siapa pihat tergugat dalam gugatan ini. Apakah hanya Pemkot Bekasi atau juga ikut menyertakan Pemprov Jabar.

“Pengajuannya juga ada dua opsi, kalau tidak di Pengadilan Negeri Kota Bekasi, kita di provinsi. Itu pun pascadata ini kita akan melihat, apakah memasukkan dari pihak provinsi juga yang digugat atau seperti apa,” jelasnya.

Hingga hari ini, Dadan mengklaim sudah ada puluhan warga yang menyatakan akan ikut serta dalam gugatan perdata ini, dengan kerugian masing-masing berkisar puluhan juta rupiah.

“Minimal, setelah ini ada action yang dilakukan oleh pemerintah dan ditinjau langsung oleh masyarakat, dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Minimal kita upayakan ada upaya konkret dari pemerintah, bahwa mereka siap menanggulangi bencana berikutnya,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, bagi para warga Kota Bekasi yang merasa dirugikan (terdampak langsung maupun tidak langsung) atas bencana banjir besar Kota Bekasi kali ini dapat mengirimkan data ke email lbhdampakbencana@gmail.com, dengan isi sebagai berikut:

1. Nama, alamat, no tlp/HP, KTP Kota Bekasi
2. Rincian dan perkiraan jumlah kerugian
3. Foto-foto bukti kerugian
4. Waktu kejadian/peristiwa sama, yakni tanggal 1 Januari 2020
[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Di Cianjur-Jabar, kuota CPNS dokter spesialis-disabilitas tak terisi

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pertimbangan Kondisi Perusahaan, UMP Sulbar Tidak Naik

Published

on

Continue Reading

Daerah

Jonas Salean Tersangka, Yanto Ekon : Tanah Itu Bukan Milik Pemkot Kupang

Published

on

Continue Reading
Loading...