Connect with us

Peristiwa

Puslabfor: Bangunan Roboh Akibat Korosi Besi

Published

on

Realitarakyat.com – Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri menyebutkan, robohnya gedung di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (7/1/2020), lebih disebabkan oleh korosi besi. Hal itu diketahui, berdasarkan hasil penyelidikan sementara yang dilakukannya, hari ini.

“Hasil pengamatan dan analisa awal yang bisa kita simpulkan sebagai awal itu akibat adanya korosi daripada air ke dalam struktur beton sehingga sambungan-sambungan tiang itu telah mengalami pelapukan,” kata Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik (Balmetfor) Puslabfor Polri, Kombes Pol Ulung Kanjaya, di lokasi, Selasa (7/1/2020).

Pemeriksaan yang berlangsung selama dua hari berturut-turut oleh tim Puslabfor Bareskrim Polri, memperkirakan proses korosi pada bangunan ini sudah berlangsung cukup lama hingga mencapai puncaknya pada Senin (6/1/2020) kemarin.

Dia mengaku menemukan banyak bukti bahwa ambruknya bangunan tersebut akibat korosi yang sudah hampir separuh memakan diameter bangunan.

“Ya, kami punya barang bukti yang temukan, banyak sudah alami proses korosi yang sudah hampir separuh kemakan diameternya,” ucap Ulung.

Dia juga mengatakan bahwa komposisi baja yang digunakan merupakan baja berkarbon rendah yang mudah dimakan korosi.

“Kemungkinan terjadi kebocoran sehingga air bisa masuk ke strukrur beton karena bajanya yang dipakai adalah baja polos, baja karbon rendah, itu gampang alami korosi,” kata Ulung.

Tidak berhenti sampai di situ, curah hujan yang tinggi di awal tahun membuat bangunan lapuk dan tidak kuat menahan. Sejauh ini, proses perataan sisa bangunan yang asa masih terus dikerjakan. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peristiwa

Polisi Gandeng Diskes DKI untuk Swab Test Keluarga Rizieq

Published

on

Continue Reading

Peristiwa

Polisi Klaim Sambangi Rumah Rizieq karena Dengar Kabar Sakit

Published

on

Continue Reading

Metropolitan

Jurnalis Metro TV Tewas Kecelakaan di Cakung

Published

on

ilustrasi
Continue Reading
Loading...