Connect with us

Daerah

Cegah Keracunan, Makanan dan Minuman Kadaluarsa Dimusnahkan

Published

on

Proses pemusnahan makanan dan minuman kadaluarsa di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. (Foto: Ist)

Realitarakyat.com – Setelah menggelar razia makanan dan minuman di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, sejumlah barang kadaluarsa yang disita kemudian dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan, Koperindag dan  para kepala desa, tokoh agama dan tokoh pemuda.

“Dalam periode tahun 2019, telah terjadi banyak kasus keracunan. Rata-rata kejadian keracunan diakibatkan oleh karena konsumsi makanan dan minuman kadaluarsa,” kata Camat Amanuban Selatan Jhon Asbanu, kemarin.

Barang kadaluarsa yang dimusnahkan itu disita dari toko, kios serta pasar yang tersebar di wilayah Amanuban Selatan. Atas dasar itulah pihaknya bersama tim terkait beberapa kali  melakukan razia dan menemukan banyak makanan dan minuman kadaluarsa, yang kemudian disita dan disimpan di kantor camat setempat.

“Barang-barang yang disita adalah barang kadaluarsa hasil razia kami bersama tim di seluruh kios, toko dan pasar Taum dan disimpan, sehingga baru dimusnahkan,” ujarnya.

Dia berharap, dengan dilakukan razia tersebut maka keracunan yang dialami warga di beberapa desa yakni Oebelo, Mio dan Pollo tidak terulang lagi. Menurutnya diperlukan kerjasama semua pihak termasuk jajaran kecamatan hingga tingkat desa, agar bisa meminimalisir kejadian yang telah terjadi selama ini.

“Kedepan, hal ini perlu dilakukan. Yakni lebih sering merazia kios, toko dan barang dagangan yang ada di pasar. Sehingga keracunan akibat konsumsi makanan dan minuman kadaluarsa jangan terulang lagi,” tandasnya.[sas]

 

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Komisi VI DPR Apresiasi Penyaluran KUR di NTB

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Terjerat UU ITE, Oknum ASN Masuk Bui

Published

on

Continue Reading

Daerah

TNI Bangun Jalan Penghubung Desa Terisolasi di Rejang Lebong

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...