Tiga Kapal Perang Dikerahkan Usir 30-an Kapal Ikan Asing di Natuna - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Tiga Kapal Perang Dikerahkan Usir 30-an Kapal Ikan Asing di Natuna

Published

on

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono saat melakukan pemantauan udara di atas perairan Natuna Utara. (Foto: Puspen TNI)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekitar 30 kapal ikan asing, masih berada di perairan Indonesia wilayah Laut Natuna Utara. Karenanya, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono memerintahkan tiga kapal perang untuk melakukan pengusiran.

“Unsur di laut diperintahkan untuk melakukan langkah-langkah pengusiran terhadap kapal-kapal ikan tersebut, untuk keluar dari wilayah laut Indonesia hingga keluar dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia,” katanya saat kembali melakukan pemantauan lewat udara wilayah perairan Laut Natuna Utara dan sekitar, kemarin.

Pemantauan dilakukan dengan menggunakan pesawat Intai Maritim Boeing 737 AI-7301 TNI AU dari Skadron 5 Pangkalan Udara Sultan  Hasanuddin Makassar. Adapun ketiga kapal perang yang diperintahkan untuk mengusir adalah Kapal Republik Indonesia (KRI) Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359 dan KRI Jhon Lie 358.

Mereka diperintahkan untuk menuju koordinat kapal-kapal asing yang dideteksi.  Pangkogabwilhan I menambahkan, bentuk operasi yang dilakukan adalah seperti pelaksanan pengusiran sebelumnya yaitu secara persuasif.

“Komunikasi dengan coast guard-nya, supaya memberitahu kapal-kapal ikannya untuk keluar dari ZEE. Akan tetapi apabila tetap tidak keluar meninggalkan perairan Indonesia, maka dilaksanakan penegakkan hukum serta kapal-kapal tersebut ditangkap dan diproses secara hukum,” ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini masih terdapat sejumlah kapal di luar ZEE. Yakni kurang lebih 5 sampai dengan 10 mil dibatas luar ZEE. Oleh karena itu, maka KRI akan tetap disiagakan.

Demikian pula dengan operasi patroli laut dan pesawat udara perairan Laut Natuna hingga ZEE. Hal itu untuk mengantisipasi kapal-kapal asing tersebut memasuki wilayah perairan Indonesia lagi.[sas]

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Imigrasi Sambas perkuat sinergi antarinstansi melalui “eazy passport”

Published

on

Continue Reading

Nasional

LPSK-BNPT Susun Strategi Implementasi PP 35/2020

Published

on

Continue Reading

Nasional

Kementan Perluas Program Korporasi Tanaman Pangan di 130 kabupaten

Published

on

Continue Reading
Loading...