Minta Izin, Nelayan Pantura akan Kunjungi Tokoh Nelayan Natuna - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Minta Izin, Nelayan Pantura akan Kunjungi Tokoh Nelayan Natuna

Published

on

Ilustrasi. (Net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Nelayan asal Pantai Utara (Pantura) Jawa, berencana untuk bersilaturahmi dengan para tokoh dan nelayan Natuna. Pertemuan itu dimaksudkan agar mendapatkan penjelasan terperinci, terkait wilayah mana saja yang biasanya dijadikan tempat melaut oleh nelayan lokal.

“Jadi, nelayan Pantura – apalagi anggota Serikat Nelayan Indonesi (SNI) – selalu berkoordinasi dengan tokoh-tokoh nelayan lokal. Atau pengurus organisasi apapun disana, untuk kita saling menjaga ikatan sebagai nelayan. Kami akan nuwun sewu (permisi-red) dulu,” kata Ketua SNI Pantura Budi Laksana, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, hal itu menjadi tradisi para nelayan Pantura sejak dulu sebelum menangkap ikan di wilayah tertentu. Nelayan Pantura juga tidak akan menangkap ikan, sebelum mengunjungi tokoh nelayan lokal.

“Lalu, nelayan Pantura jangan memasuki fishing ground yang menjadi wilayah nelayan lokal,” ujarnya. Karenanya, Budi memastikan nelayan Pantura bakal berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sebelum mencari ikan di wilayah laut Natuna.

“Termasuk bersilaturahmi dengan tokoh nelayan setempat untuk meminta izin. Apalagi, nelayan Pantura ke Natuna dalam rangka ikut menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tandasnya.

Karenanya, sebelum berangkat para nelayan juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan. Seperti diketahui, sebelumnya, nelayan asli Natuna menolak keberadaan 1200 nelayan asal Pantura.

Sebab mereka khawatir nelayan Pantura yang menggunakan alat tangkap modern, yang akan merusak lingkungan laut Natuna. Terkait itu, Budi memastikan bahwa alat tangkap yang dipakai anggotanya sangatlah ramah lingkungan. “Kami anggota nelayan SNI rata-rata menggunakan jaring milenium, jaring nilon. Aman terhadap lingkungan,” tegasnya.[sas]

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Per Hari ini 8 Juli, Pasien Corona di Indonesia Bertambah 1.853 Orang

Published

on

Continue Reading

Nasional

Moratorium CPNS, Kemenkeu Pangkas 800-1.800 Pegawainya per Tahun

Published

on

Continue Reading

Headline

Jangan Percaya Hoaks,Kemenpan RB : Tidak Ada Istilah Pemberhentian PNS, Semua Difungsikan

Published

on

Continue Reading
Loading...