Connect with us

Headline

Amien Rais Dinilai Bernafsu Bangun Dinasti Politik di PAN

Published

on

Realitarakyat.com – Kendati dianggap sebagai sosok sentral partai, namun mantan Ketua MPR Amien Rais dinilai memiliki nafsu membangun dinasti politik di Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut pengamat politik Universitas Al-azhar Ujang Komarudin, hal ini terlihat dari majunya Hanafi Rais yang berpasangan dengan Mulfachri Harahap sebagai Ketum baru periode 2020-2025, dalam Kongres PAN yang dijadwalkan berlangsung di Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2/2020) mendatang.

Karenanya, Ujang mengungkapkan, dinasti politik di Indonesia masih diwarnai dengan latar belakang yang buruk.

“Kasus dinasti politik di Indonesia masih banyak diwarnai dinasti politik yang buruk. Banyak pejabat yang dihasilkan dari dinasti politik itu korup dan cenderung membangun oligarki,” kata Ujang dalam keterangannya, Minggu (19/1/2020).

Ujang pun menilai, dinasti politik memiliki dampak buruk. Biasanya menyebabkan kinerja partai tidak berkembang. “Jika yang diangkat dari kalangan keluarganya tak punya kemampuan, lalu kinerjanya melempem,” jelas Ujang.

Sebelumnya, Abdillah Toha, salah seorang pendiri PAN, meminta Amien Rais tidak lagi ikut campur dengan urusan sistem demokrasi partai. Dia meminta, Amien tidak lagi memberikan tekanan kepada partai berlambang matahari tersebut.

“Jangan ada tekanan-tekanan dari Pak Amien lah, Pak Amien harus membiarkan partai jangan tergantung ke pak Amien,” ujar Abdillah di Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Lebih jauh Abdillah, banyak pihak yang merasa keberatan dengan tekanan yang dilakukan Amien selama ini. Sayangnya Abdillah tak menjelaskan apa saja tekanan tersebut. “Ya tafsirkan sendiri ikut campurnya bagaimana? Banyak yang keberatan. Bikin ruwet,” tukas Abdillah.

Sekadar informasi, PAN akan menyelenggarakan kongres pada Februari 2020 mendatang. Saat ini sudah ada enam kader PAN yang siap menjadi ketua umum.

Mereka adalah mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PAN-RB) Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN DPR Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo, serta Ketua Umum PAN saat ini Zulkifli Hasan.‎‎[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Luar Biasa, Per hari ini Sabtu 19 September pasien Covid Bertambah 4.168 kasus Total Menjadi 240.687 orang

Published

on

Continue Reading

Headline

Mendes PDTT Abdul Halim  Tercapainya SDGs Desa

Published

on

Continue Reading

Headline

Bamsoet Bersama IMI Dorong Standarisasi Tata Cara Berkendara Berkelompok

Published

on

Continue Reading
Loading...