Connect with us

Headline

Imigrasi Sebut Harun Masiku Sudah di Indonesia Sejak 7 Januari

Published

on

Realitarakyat.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menyebut Harun Masiku telah tiba di Indonesia dari Singapura pada Selasa (7/1/2020) lalu.

Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Simpie menyatakan, Harun tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat maskapai Batik Air.

“Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soekarna-Hatta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020,” kata Ronny kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Ronny mengakui terdapat keterlambatan waktu (delay time) dalam pemprosesan data perlintasan di Terminal 2 F Bandara Soekarno-Hatta, ketika Harun Masiku melintas masuk.

Karena itu, Ronny mengatakan telah memerintahkan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soetta dan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Keimigrasian Ditjen Imigrasi untuk melakukan pendalaman terhadap adanya keterlambatan waktu dalam pemrosesan data tersebut.

“Hasil pendalaman akan segera dilaporkan kepada saya,” ujar Ronny.

Ia juga memastikan Harun masih berada di Indonesia karena Harun sudah dicegah berpergian ke luar negeri atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Hal tersebut telah terhubung ke seluruh Kantor Imigrasi dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi di seluruh Indonesia melalui sistem yg tergelar dan menjadi tulang punggung Ditjen Imigrasi dalam melakukan pengawasan dan pelayanan keimigrasian,” tukas Ronny.

Diketahui, setelah kasus suap yang melibatkan Harun Masiku mencuat, keberadaan dirinya tidak diketahui.

Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri, Jumat (17/1) mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari Ditjen Imigrasi, Harun Masiku masih berada di luar negeri dan belum kembali ke Indonesia.

“Kami tetap untuk sementara ini berpedoman pada keterangan imigrasi menyatakan yang bersangkutan ada di luar negeri dan belum ada catatan yang bersangkutan telah kembali ke Indonesia,” ujar Ali.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bekasi

Ketua DPRD Kota Bekasi Semangati Kegiatan BKMT dan IDMI Jatiasih

Published

on

Continue Reading

Bekasi

Vaksin Covid 19 di Kabupaten Bekasi Akan Disimpan Vaksin Covid 19 di Gudang UPTD Farmasi Tambun

Published

on

Continue Reading

Bekasi

Polisi Paparkan Motif Pertikaian 2 Ormas di Kalimalang: Bermula Pegawai Kafe Sering Diganggu

Published

on

Continue Reading
Loading...