Connect with us

Hukum

Yasonna Emoh Komentari Soal Harun Masiku Ada di Indonesia Sejak 7 Januari

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly enggan memberikan penjelasan terkait keberadaan tersangka kasus suap proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 Harun Masiku (HAR) ternyata telah berada di Indonesia sejak 7 Agustus 2020.

“Itu (tanya) Dirjen (Imigrasi),” ujar Yasonna singkat, di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Yasonna memilih untuk langsung pergi meninggalkan kerumunan wartawan yang telah menunggu, ketimbang memberikan penjelasan lebih lanjut terkait tidak terdeteksinya kepulangan kader PDI Perjuangan itu dari Singapura.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie membenarkan bahwa Harun Masiku telah berada di Jakarta sejak 7 Januari 2020.

“Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem, termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta bahwa HM (Harun Masiku) telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020,” ujar Ronny saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (22/1/2020).

Ronny mengakui terdapat keterlambatan waktu (delay time) dalam pemrosesan data perlintasan di Terminal 2 F Bandara Soekarno-Hatta, ketika Harun Masiku melintas masuk.

Karena itu, Ronny mengatakan telah memerintahkan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Bandara Soetta dan Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Keimigrasian Ditjen Imigrasi untuk melakukan pendalaman terhadap adanya keterlambatan waktu dalam pemrosesan data tersebut.

“Hasil pendalaman akan segera dilaporkan kepada saya,” ujar Ronny.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

MA Umumkan 13 Hakim Pemilah Perkara, Ini Daftar Namanya

Published

on

Continue Reading

Headline

Pekan Depan Bareskrim Akan Periksa 12 Saksi terkait Kebakaran Gedung Kejagung

Published

on

Continue Reading

Headline

Bareskrim Tangkap 4 Anak di bawah Umur Penipu Kaesang Pangarep Putra Presiden

Published

on

Continue Reading
Loading...