Wapres: Ekonomi Syariah Sudah Banyak Kemajuan - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Wapres: Ekonomi Syariah Sudah Banyak Kemajuan

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Pemerintah dinilai telah melakukan berbagai hal untuk mengembangkan sektor ekonomi syariah. Hasilnya, kini sudah menunjukkan banyak kemajuan, seperti mengundang sejumlah e-commerce untuk turut menyediakan sukuk dan layanan pembayaran zakat serta wakaf.

Demikian dikemukakan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, kepada wartawan, di Pondok Pesantren Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/1/2020).

Dia menilai, prospek ekonomi syariah yang terus dengungkan, kini semakin berkembang menjelang 100 hari pemerintahannya.

“Ya saya melihat prospeknya bagus sekali. Bukan hanya keuangan tapi juga industri halalnya, bahkan juga social fund-nya, dan juga produk yang dihasilkan. Kemudian juga lembaganya, jenis usahanya,” ujar Wapres.

“Sejak dilantik pada 20 Oktober 2019, pemerintah telah melakukan berbagai hal untuk mengembangkan sektor tersebut. Beberapa di antaranya dengan mengundang sejumlah e-commerce untuk turut menyediakan sukuk dan layanan pembayaran zakat serta wakaf,” ujar Ma’ruf menambahkan.

Dia mencontohkan bahwa kalangan e-commerce telah masuk ke sistem syariah. Kemudian “juga industri syariah ini bukan hanya industri masyarakat tapi juga industri-industri di kawasan ekonomi khusus juga, yaitu pusat halal industri,” katanya.

Membaiknya iklim keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia, kata dia, juga ditunjukkan dengan meningkatnya peringkat Indonesia dalam hal tersebut.

Buktinya, ujar Ma’ruf, pada November 2019, tercatat peringkat Islamic Finance Development Indicators Indonesia baik ke peringkat 4 dunia.

“Jadi selama ini menurut saya sudah makin berkembang, makanya peringkat-peringkat ekonomi syariah atau keuangan syariah Indonesia di dunia semakin naik dari waktu ke waktu,” lanjut Wapres. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Distribusi Pangan di Era ‘New Normal’ Bisa Manfaatkan ‘E-commerce’

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Ekonomi

OJK Catat Multifinance Beri Keringanan Pembiayaan Hingga Rp80 Trilyun

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Postur APBN 2020 Dirubah, Subsidi Energi Dipangkas Rp5,3 T

Published

on

Continue Reading
Loading...