Connect with us

Kesehatan

Virus Corona, Komnas HAM Minta Pemerintah Lindungi WNI di China

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pemerintah melindungi seluruh warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, termasuk buruh migran dari potensi penularan virus corona.

Permintaan itu, disampaikan komioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

“Pemerintah sebaiknya memastikan agar WNI mendapatkan perawatan yang paripurna saat di luar negeri. Artinya bukan hanya WNI yang tinggal di sana, atau pelajar di luar negeri tetapi juga buruh migran,” ujar Beka.

Sementara terkait warga negara China, Komnas HAM meminta pemerintah melakukan pendekatan kemanusiaan. Indonesia, katanya, bisa berkirim surat meminta China memantau kondisi kesehatan WNI yang berada di sana. Sebab, kata dia, WNI ada yang sedang studi banding dan mengerjakan tugas lain di negara tersebut.

Beka mengatakan, jika ada WNI yang tertular, maka sebaiknya dirawat terlebih dahulu sebelum kembali ke Indonesia.

“Ini penting dilakukan, untuk memastikan tidak ada virus yang masuk ke dalam negeri. Karena itu perawatan yang baik di luar negeri penting, sehingga jika dia (WNI) kembali ke Indonesia sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, virus corona (coronavirus) saat ini tengah menjadi perhatian dunia. Selain mulai menyebar di kota Wuhan, virus jenis baru tersebut juga terdeteksi hingga ke sejumlah negara.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional China, virus corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Sejak diketahui sebagai wabah misterius yang menyebabkan pneumonia, jumlah pasien yang terinfeksi virus ini terus bertambah.

Buktinya, pekan lalu Pemerintah China mengungkapkan virus corona jenis baru ini telah menyebabkan sedikitnya 17 orang meninggal dunia.

Sementara itu hingga Minggu (26/1/2020), jumlah negara yang mengonfirmasi terpapar virus corona pun terus bertambah. Setidaknya, terdapat 13 negara yang mengonfirmasi adanya kasus tersebut. Seperti Kanada, Singapura, Malaysia, China, Korea Selatan, Taiwan, Thailand hingga Amerika Serikat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Ada Staf yang Positif COVID-19, Kelurahan Tanah Tinggi Tutup Tiga Hari

Published

on

ist/net
Continue Reading

Daerah

Terkait Uji Vaksin COVID-19, Gubernur Jabar Jalani Pengambilan Darah

Published

on

ist/net
Continue Reading

Kesehatan

Hindari Covid-19, Gaya Hidup Sehat bagi Obesitas

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...