Connect with us

Headline

Dampak Virus Corona, Pemerintah Berencana Pulangkan WNI dari Wuhan

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Rabu (29/1/2020,) mengeluarkan rilis yang menyatakan bahwa Pemerintah berencana memulangkan para warga negara Indonesia (WNI) yang kini masih berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Sebagaimana diketahui, saat ini, WNI yang berada di Provinsi Hubei berjumlah 243 orang, jumlah tersebut, tersebar di tujuh lokasi, termasuk di Kota Wuhan.

Agar rencana evakuasi tersebut dapat segera dilaksanakan, pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri RI, melakukan koordinasi melalui jalur diplomasi dengan Kementerian Luar Negeri China.

Dalam rilis itu, menyebutkan bahwa KBRI juga terus berkoordinasi dengan Kemlu China dan pemerintah Provinsi Hubei untuk akses bantuan logistik dan upaya pemulangan WNI ke Tanah Air.

KBRI pun terus memantau guna memastikan kondisi mereka baik serta kebutuhan hidup sehari-hari masih terpenuhi. Selain itu, KBRI juga telah membentuk posko di Kota Changsa, kota yang terdekat dengan Hubei, untuk mempermudah pemantauan dan penyampaian bantuan.

“KBRI Beijing secara bertahap telah menyampaikan bantuan melalui koordinasi dengan mahasiswa di kota Wuhan untuk pemenuhan keperluan sehari hari seperti makanan pokok, alat kesehatan, dan alat kebersihan,” tulis informasi tersebut.

Rencananya, bantuan kesehatan berupa obat-obatan dan peralatan kesehatan segera didistribusikan ke Kota Wuhan dan sekitarnya dalam waktu dekat.

Di samping itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah memberikan bantuan berupa masker yang akan segera dikirimkan ke KBRI Beijing untuk didistribusikan kepada WNI di wilayah terdampak. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kasus Aktif COVID-19 di Indonesia Turun Signifikan, Ini Penjelasan Jubir Satgas

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Bamsoet: Peta Jalan Vaksinasi Harus Selaras dengan Program Pemulihan Ekonomi

Published

on

Continue Reading

Headline

BMKG : Jabodetabek Waspada Hujan Disertai Petir

Published

on

Continue Reading
Loading...